Rusia Tegaskan Israel dan Ukraina Punya Agenda yang Sama

Rusia Tegaskan Israel dan Ukraina Punya Agenda yang Sama

Global | sindonews | Senin, 2 September 2024 - 17:45
share

Ukraina dan Israel tengah berupaya memicu perang regional besar yang mereka yakini akan menyelesaikan masalah mereka sendiri dengan mengorbankan pihak lain, menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov.

Diplomat senior negara itu menyampaikan pernyataan tersebut dalam wawancara eksklusif dengan Anna Knishenko dari RT, yang disiarkan pada Sabtu (31/8/2024).

Ketika ditanya tentang prospek krisis yang sedang berlangsung di Timur Tengah yang berubah menjadi perang regional besar, Lavrov menyatakan Israel secara efektif adalah satu-satunya pihak yang menginginkan konflik semacam itu.

Tampaknya satu-satunya pihak yang menginginkan perkembangan seperti itu adalah Israel. Mungkin pemerintah Israel, yang secara politik agak keras, dan mereka bahkan tidak menyembunyikannya, ungkap Lavrov.

Mungkin, mereka ingin memanfaatkan situasi ini untuk sekali dan untuk selamanya mencoba menyelesaikan semua masalah mereka dengan Hamas dan Hizbullah, dan dengan kelompok pro-Iran di Suriah dan Irak, ujar menteri itu.

Dia menambahkan, Teheran tampaknya menghindari konflik semacam itu dan tidak ingin terlibat dalam tindakan militer skala besar apa pun.

Perilaku Israel memiliki kemiripan yang mencolok dengan Ukraina, dengan Kiev tampaknya berusaha menyeret para pendukung Baratnya ke dalam konflik langsung dengan Moskow, Lavrov menunjukkan.

"Saya melihat paralel yang menarik di sana, (Volodymyr) Zelensky juga, yang sepenuhnya dikendalikan oleh AS, ia menginginkan hal yang hampir sama, hanya di sekitar Ukraina, untuk melancarkan perang besar di sini, dan untuk mengundurkan diri, sehingga Amerika dan anggota NATO lainnya akan mulai berperang untuknya," papar Lavrov.

Dia menambahkan, ini adalah situasi yang sangat mirip ketika mereka ingin memprovokasi perang besar di Timur Tengah dan di wilayah yang berbatasan langsung dengan kita, dan sekarang bagian dari Wilayah Kursk (Rusia) berada di bawah kendali rezim Nazi Zelensky, dengan senjata yang dipasok kepadanya oleh NATO.

Serangan Ukraina yang sedang berlangsung ke Wilayah Kursk, yang diluncurkan oleh Kiev awal bulan ini, kemungkinan disetujui oleh para pengendali Baratnya, ungkap Lavrov.

"Sejumlah besar unit Nazi serta tentara bayaran asing, yang mungkin sebenarnya adalah pasukan regular, ikut ambil bagian dalam permusuhan tersebut, papar dia.

"Sulit bagi saya untuk mengatakan apa ide di balik situasi ini, karena rekan-rekan Barat kita memiliki pikiran yang sangat rumit, mereka terkadang mengubah segalanya dengan cara mereka sendiri, dan kemudian tidak ada hasilnya," ungkap Lavrov, mengacu pada hasil yang dipertanyakan yang telah dicapai oleh kolektif Barat di Afghanistan, Irak, dan di tempat lain.

Topik Menarik