Rusia Umumkan Keadaan Darurat, 76.000 Orang Dievakuasi dari Perbatasan Kursk

Rusia Umumkan Keadaan Darurat, 76.000 Orang Dievakuasi dari Perbatasan Kursk

Global | okezone | Senin, 12 Agustus 2024 - 08:53
share

RUSIA - Rusia mengatakan 76.000 orang telah dievakuasi dari daerah perbatasan di wilayah Kursk akibat serangan lintas batas yang jarang dilakukan Ukraina . Pemerintah setempat pun telah mengumumkan keadaan darurat.

Penjabat gubernur daerah Aleksei Smirnov juga mengatakan 15 orang terluka pada Sabtu (10/8/2024) malam ketika puing-puing rudal Ukraina yang jatuh menimpa gedung bertingkat di ibu kota daerah Kursk, Kursk.

Seperti diketahui, pasukan Ukraina dilaporkan telah maju hingga 30 km ke dalam wilayah Rusia. Hal ini menjadi serangan terdalam dan paling signifikan sejak Moskow memulai invasi skala penuh ke Ukraina pada Februari 2022.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah terlibat pertempuran dengan pasukan Ukraina di dekat desa Tolpino dan Obshchy Kolodez, saat serangan di wilayah Kursk memasuki hari keenam.

Juru bicara kementerian luar negeri Rusia Maria Zakharova menuduh Kyiv mengintimidasi penduduk Rusia yang cinta damai.

Sementara itu, Oleksiy Goncharenko seorang anggota parlemen Ukraina memuji operasi tersebut dan mengatakan bahwa operasi itu membawa kita lebih dekat ke perdamaian daripada seratus pertemuan puncak perdamaian.

"Ketika Rusia perlu melawan balik di wilayah mereka sendiri, ketika rakyat Rusia melarikan diri, ketika rakyat peduli, itulah satu-satunya cara untuk menunjukkan kepada mereka bahwa mereka menghentikan perang ini," katanya kepada BBC.

Serangan Kursk terjadi setelah berminggu-minggu Rusia maju di wilayah timur, tempat sejumlah desa telah direbut oleh pasukan Kremlin. Beberapa analis berpendapat bahwa serangan Kursk merupakan bagian dari upaya untuk memaksa Rusia mengerahkan kembali pasukan dari Ukraina timur dan mengurangi tekanan pada pertahanan Ukraina yang terkepung.

Namun, pejabat Ukraina mengatakan kepada AFP bahwa operasi Rusia di wilayah timur tidak banyak mengalami penurunan.

Awal minggu ini, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan serangan itu merupakan provokasi besar.

Moskow telah membalas serangan Ukraina. Layanan darurat di Kyiv mengatakan seorang pria dan putranya yang berusia empat tahun tewas dalam serangan rudal di ibu kota semalam.

Pertahanan udara juga menghancurkan 53 dari 57 pesawat nirawak serang yang diluncurkan Rusia selama serangan udara semalam.

Empat rudal buatan Korea Utara juga ditembakkan sebagai bagian dari serangan itu.

Rusia terpaksa beralih ke negara Asia yang terisolasi itu untuk mengisi kembali amunisinya, dan Amerika Serikat (AS) menuduh bahwa sejumlah besar perangkat keras militer telah dikirim oleh Pyongyang.

Topik Menarik