Peristiwa Sejarah Hari Ini 16 Oktober, China Ledakkan Bom Atom Pertama dan Berdirinya Sarekat Dagang Islam

Peristiwa Sejarah Hari Ini 16 Oktober, China Ledakkan Bom Atom Pertama dan Berdirinya Sarekat Dagang Islam

Global | inewsid | Senin, 16 Oktober 2023 - 09:48
share

JAKARTA, iNews.id - Tercatat beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi pada 16 Oktober. Di antaranya, China meledakkan bom atom untuk pertama kalinya, penggunaan eter sebagai anestesi dalam bedah, serta berdirinya perusahaan Disney. Di Indonesia, pembentukan Sarekat Dagang Islam juga terjadi pada tanggal ini.

Berikut peristiwa sejarah hari ini, 16 Oktober, dihimpun dari berbagai sumber:

16 Oktober 1964: China Meledakkan Bom Atom Pertama

China berhasil meledakkan bom atom pertamanya pada 16 Oktober 1964 di Lop Nur. Uji coba ini melibatkan perangkat fisi dengan hasil ledakan mencapai 25 kiloton. Hal tersebut tidak hanya membuktikan kemampuan China dalam mengembangkan teknologi nuklir, tetapi juga merupakan pernyataan China kepada dunia bahwa negaranya memiliki pertahanan kuat dalam menentang kebijakan imperialis Amerika Serikat saat itu, yang mengancam China dengan senjata nuklirnya. Sampai saat ini, China termasuk salah satu negara yang memiliki senjata nuklir terkuat.

16 Oktober 1923: Terbentuknya Walt Disney Company

Tanggal 16 Oktober 1923 menjadi hari bersejarah bagi dua bersaudara Walt Disney dan Roy. Pada tanggal tersebut, mereka memulai The Walt Disney Company dengan mendirikan Disney Brothers Cartoon Studio di Hollywood, California, Amerika Serikat. Perusahaan itu kemudian menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia dan memberi dampak besar dalam industri hiburan, khususnya film animasi.

16 Oktober 1905: Berdirinya Sarekat Dagang Islam

Sarekat Dagang Islam (SDI) didirikan pada 16 Oktober 1905 di Surakarta oleh H Samanhudi. H Samanhudi yang merupakan pengusaha batik di Laweyan mendirikan SDI sebagai wadah untuk menyejahterakan pedagang Islam pribumi, di samping juga untuk menandingi dominasi para pedagang Tionghoa kala itu. Banyak pedagang yang bergabung ke SDI sehingga organisasi meluas ke berbagai penjuru dalam waktu yang singkat. Guna memantapkan gerak sebagai perkumpulan besar, Sarekat Dagang Islam kemudian berganti nama menjadi Sarekat Islam.

16 Oktober 1945: Organisasi Pangan dan Pertanian PBB Didirikan

Organisasi Pangan dan Pertanian atau Food and Agricultural Organization (FAO) didirikan pada 16 Oktober 1945 di Quebec, Kanada. Badan khusus di bawah Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) tersebut dibentuk untuk menyelesaikan permasalahan kelaparan. Terdiri dari 195 anggota, yakni 194 negara dan Uni Eropa, FAO bekerja di lebih dari 130 negara di seluruh dunia. FAO bertujuan mencapai ketahanan pangan bagi seluruh masyarakat dunia, serta memastikan masyarakat dapat mengakses makanan berkualitas. Tanggal lahir FAO ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Pangan Sedunia yang diperingati pada 16 Oktober setiap tahun.

16 Oktober 1846: Eter Digunakan Pertama Kali sebagai Anestesi dalam Bedah

Penggunaan eter sebagai anestesi atau pembiusan untuk pertama kalinya terjadi pada 16 Oktober 1846. Saat itu, seorang dokter gigi di Boston, Amerika Serikat bernama William Morton membius pasiennya dengan eter sulfat untuk mengangkat tumor pembuluh darah dari leher pasien. Kesuksesan bedah dengan anestesi tersebut menyebar cepat ke berbagai wilayah lain, seperti Inggris dan Skotlandia. Sebelum eter digunakan, untuk menghilangkan rasa sakit saat dibedah, pasien biasanya diberi opium atau alkohol.

Topik Menarik