Giring Ganesha Jabat Wakil Menteri Kebudayaan Kabinet Prabowo

Giring Ganesha Jabat Wakil Menteri Kebudayaan Kabinet Prabowo

Berita Utama | sindonews | Senin, 21 Oktober 2024 - 05:10
share

Giring Ganesha menjabat sebagai Wakil Menteri Kebudayaan di Kabinet Prabowo Subianto. Giring akan mendampingi Fadli Zon yang ditunjuk jadi Menteri Kebudayaan.

Penunjukan Giring Ganesha sebagai Wakil Menteri Kebudayaan ini disampaikan langsung oleh Prabowo saat mengumumkan daftar Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta pada Minggu, 20 Oktober 2024 malam.

"Giring Ganesha Wakil Menteri Kebudayaan," kata Prabowo.

Sebelumnya, Giring dipanggil ke kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta. Hanya saja, saat itu ia enggan mengungkap jabatan yang diberikan sang Presiden kepadanya.

Giring Ganesha Jabat Wakil Menteri Kebudayaan Kabinet Prabowo

Foto/Instagram Giring Ganesha

Baca Juga: 3 Gaya Giring Ganesha Dipanggil Prabowo, Tampil Resmi dengan Batik

"Di hari yang luar biasa ini. Sebelumnya saya mau terima kasih bapak Presiden terpilih Prabowo Subianto, dan juga Wakil Presiden terpilih Gibran yang sudah mempercayakan dan mengundang saya ke sini," kata Giring di Kertanegara, Jakarta pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Giring merupakan politisi PSI (Partai Solidaritas Indonesia). Sebelum terjun ke dunia politik, ia lebih dikenal sebagai seorang musisi, sekaligus vokalis mantan grup band Nidji yang telah membesarkan namanya di industri hiburan Tanah Air.

Pemilik nama lengkap Giring Ganesha Djumaryo ini lahir di Jakarta pada 14 Juli 1983. Ayahnya bernama Djumaryo Imam Muhni, merupakan seorang jurnalis foto di salah satu media.

Ia bersekolah di SMA Negeri 34 Jakarta dan masuk ke Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Paramadina pada 2022. Namun ia memutuskan untuk cuti kuliah pada 2005.

Baca Juga: Giring Ganesha Menyesal Keluar dari Nidji, Akui Rindu dengan Para Personel

Kemudian ia kembali melanjutkan kuliahnya pada 2017, dan tidak selesai. Akhirnya, pada 18 April 2023, Giring resmi meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Terbuka.

Pria 41 tahun itu mulai terjun ke dunia hiburan Tanah Air dan membangun band Nidji bersama Muhammad Ramadista Akbar (Rama), Andi Ariel Harsya (Ariel), Muhammad Andro Regantoro (Andro) dan Muhammad Adri Prakarsa (Adri).

Nidji merilis album pertama bertajuk Breakthru pada 2006. Ada pun lagu-lagunya yang populer di antaranya Hapus Aku hingga Kau dan Aku, berhasil meledak di pasaran.

Seiring berjalannya waktu, band ini juga diminta untuk mengisi soundtrack film. Salah satu yang paling ikonik adalah soundtrack untuk film Laskar Pelangi. Selain itu, mereka juga pernah mengisi soundtrack film 5 CM, Supernova, Tenggelam Kapal Van Der Wijck, dan lainnya.

Baca Juga: Ditolak Randy Danistha Reuni Bareng Nidji, Giring Ganesha: Mohon Doa Restu

Sukses sebagai vokalis, suami Cynthia Riza ini melebarkan sayap ke dunia akting. Ia pernah membintangi beberapa judul film, seperti Sang Pencerah (2010), Jiblal Traveler: Love Sparks in Korea (2016), dan pengisi suara kartun Paddle Pop Lion dalam film animasi Paddle Pop Kombatei The Movie.

Di tengah puncak kariernya di dunia hiburan, Giring memutuskan untuk keluar dari Nidji dan terjun ke dunia politik. Pasalnya, ia memiliki keinginan untuk memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara.

Ia saat itu ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (PLT) Ketua Umum PSI pada Agustus 2020. Aktif dalam partai PSI, Giring berhasil menang dalam Pemilihan Umum Legislatif DPR-RI pada 2019 dengan mengantongi 47 ribu suara.

Namun, kesempatan tersebut harus gagal karena PSI tidak menembus parlemen. Giring juga pernah akan mencalonkan diri di Pemilu 2024 sebagai kandidat calon presiden. Namun, ia mengurungkan kembali niatnya.

Pada September 2023, ia dilantik sebagai Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan posisinya sebagai Ketua Umum digantikan oleh anak bungsu Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Dalam kehidupan pribadinya, Giring resmi menikah dengan Chintya Riza pada 2010. Pasangan ini semakin hidup bahagia setelah dikaruniai tiga orang anak. Ketiga anak Giring dan Chintya bernama Aisha Amira Ganesha, Jasmina Aishwarya Ganesha, dan Abraham Zhafir Ganesha.

Topik Menarik