Shalat Jumat Bukan Sekadar Ibadah, Momen Berkumpul dan Bersatunya Semua Umat Islam

Shalat Jumat Bukan Sekadar Ibadah, Momen Berkumpul dan Bersatunya Semua Umat Islam

Gaya Hidup | medan.inews.id | Jum'at, 13 September 2024 - 11:20
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Shalat Jumat adalah ibadah wajib bagi umat Islam laki-laki yang sudah baligh dan berakal sehat yang dilaksanakan secara berjamaah pada hari Jumat, tepatnya pada waktu zuhur. Shalat Jumat ini menggantikan shalat zuhur fardhu.

Allah ta'ala memerintahkan muslim bersegera menghadiri shalat Jumat,

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah". (QS. Al-Jumah: 9)

Yakni bergegas menuju masjid guna mendengar khutbah dan pelaksanaan Shalat Jumat. Tinggalkan perniagaan, urusan kantor dan yang semisal.

Jangan ditunda, apalagi sampai terlewat.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Hendaklah orang yang suka meninggalkan Shalat Jumat menghentikan perbuatannya

Atau bila tidak, akan Allah tutup hati-hati mereka, kemudian benar-benar mereka termasuk golongan orang-orang yang lalai".(HR. Muslim: 865)

Mengapa Shalat Jumat Penting?

1. Shalat Jumat merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim laki-laki yang memenuhi syarat.

2. Shalat Jumat menjadi momen berkumpulnya umat Islam dalam satu tempat, mempererat ukhuwah Islamiyah, dan mendengarkan khotbah yang berisi nasihat dan ilmu agama.

3. Banyak hadits yang menyebutkan keutamaan shalat Jumat, di antaranya pahala yang besar, diampunkannya dosa antara dua Jumat, dan dimudahkan urusannya.

Khotbah Jumat merupakan bagian penting dari shalat Jumat. Khotbah ini biasanya berisi nasihat, peringatan, dan informasi tentang agama Islam. Khutbah Jumat disampaikan oleh seorang khatib yang memiliki ilmu agama yang cukup.

Topik Menarik