Kontroversi NewJeans vs HYBE Berlanjut, para Member Curhat saat Live YouTube

Kontroversi NewJeans vs HYBE Berlanjut, para Member Curhat saat Live YouTube

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 12 September 2024 - 08:03
share

JAKARTA - Kisruh NewJeans dan HYBE belum berakhir. Kali ini para member mengadakan siaran langsung di YouTube sebagai tanda protes pada HYBE agar mengangkat kembali Min Hee Jin sebagai CEO ADOR.

Sebelumnya, pada 27 Agustus, ADOR mengumumkan bahwa Min Hee Jin tidak akan lagi menjabat sebagai CEO perusahaan, tetapi dia akan terus memproduksi konten NewJeans sebagai direktur internal di ADOR.

Rupanya keputusan itu tidak disetujui member NewJeans. Hyein membuka pembicaraan pada siaran langsung itu.

Apa yang ingin kami sampaikan hari ini pada akhirnya ditujukan kepada HYBE. Kami sudah mengadakan pertemuan dengan manajemen perusahaan dan menyampaikan pendapat kami, tetapi berdasarkan kejadian yang terjadi setelah pertemuan tersebut, sepertinya apa yang kami inginkan tidak tersampaikan atau dikomunikasikan dengan baik," Hyein dilansir Soompi, Kamis (21/9/2024).

Sementara, Danielle mengatakan sebelum debut sebagai NewJeans, mereka banyak menghabiskan waktu bersama CEO Min Hee Jin. Danielle menyebut para member memiliki hubungan yang sangat erat dengan sang CEO.

"Dengan CEO Min Hee Jin, kami mampu mempersiapkan segala kegiatan secara tulus, dan saya yakin itu terlihat dalam pekerjaan kami. Kami terys mencurahkan pekerjaan kami dengan baik dan saling percaya, dan kami memiliki visa yang sama," ucap Danielle.

CEO Min Hee Jin bukan hanya orang yang memproduksi musik kami, tetapi seseorang yang menjadikan NewJeans seperti sekarang ini. Ia membahas detail terkecil dengan kami dan menjelaskannya dengan cara yang dapat kami pahami dengan jelas. NewJeans memiliki warna dan corak yang khas, dan ini diciptakan bersama CEO Min Hee Jin. Ia merupakan bagian penting dari identitas NewJeans, dan kami semua merasa bahwa ia tidak bisa tergantikan," ujar dia lagi.

Hanni kemudian berbagi cerita bagaimana seorang manajer dari grup HYBE lain telah memerintahkan para member untuk mengabaikan NewJeans, meski para idol sendiri telah menyapanya.

Ini terjadi beberapa waktu lalu, saya sedang berada di tempat makeup di mana saya sering bertemu tim idol yang lain. Kemudian saya bertemu dengan anggota idol lain bersama manajernya, dan saya mendengar idol manajer itu berkata 'abaikan dia' dengan sangat keras sehingga saya mendengarnya," tutur Hani.

Setelah kejadian itu Hanni pun langsung memberitahu CEO baru tentang hal itu, sayangnya dia mengatakan tidak ada bukti dan sudah terlambat untuk mengatakan hal itu. Kemudian mereka menyadari bahwa tidak ada lagi yang bisa melindungi mereka.

"Saya menyadari bahwa orang-orang yang bisa melindungi kami sudah tidak ada dan mereka tidak ingin melindungi kami. Kami merasa seperti pembohong. Bu Min telah berjuang untuk kami tapi orang-orang yang sekarang tidak melakukannya. Saya khawatir, dan sayu takut tentang apa yang terjadi kedepannya," kata Hanni.

Lebih lanjut Minji bercerita bahwa manajemen NewJeans yang sekarang akan memisahkan antara produksi dan manajemen, tetapi mereka selalu beroperasi secara berbeda dari label lain.

"Sekarang, Bu Min tidak memiliki kekuatan untuk mengonfirmasi atau menyetujui semuanya, jadi bagaimana kami bisa terus bekerja seperti sebelumnya?" ucapnya.

Hanni menyebut cara ADOR dahulu dalam menjalankan bisnis dan produksi kreatif tidak dipisahkan dan merupakan faktor-faktor yang saling bekerja sama secara harmonis.

"Begitulah cara kerjanya, dan itu sangat baik. Itu adalah cara kerja kami dan cara CEO kami dalam memproduksi konten NewJeans, yang dapat dinikmati dan diapresiasi oleh banyak dari Anda. Namun sekarang setelah dia tidak lagi menjadi CEO, faktor-faktor yang seharusnya terus bekerja sama secara harmonis ini kini dilihat sebagai dua area kerja yang berbeda," kata Hanni

Seperti yang saya katakan sebelumnya, impian kami adalah membawakan musik yang ingin kami buat bersama Min Hee Jin, dan kami bekerja keras untuk mewujudkan impian itu. Namun sekarang kami tidak dapat lagi mewujudkan impian itu, dan kami bahkan mungkin tidak dapat melaksanakan semua rencana yang telah kami buat," timpal Danielle.

Secara pribadi, Haerin ingin terus bekerja dengan orang-orang di sekitarnya yang membantu mereka tumbuh secara mental dan merasakan kekuatan hidup dalam diri sendiri.

"Tetapi saya tidak dapat memahami mengapa kekuatan eksternal terus mengganggu dan mengusik kita. Saya tidak tahu apakah saya perlu memahaminya," uxap Haerin.

Akhirnya, grup tersebut menutup siaran dengan menggunakan bahasa tegas untuk meminta pemulihan jabatan Min Hee Jin sebagai CEO.

Hanni berkata NewJeans memiliki pilihan untuk memilih bagaimana mereka akan bereaksi terhadap setiap situasi, dan mereka tidak akan mengikuti semua perintah HYBE.

"Kami sangat menyadari bahwa hal ini menghalangi pekerjaan kami dan kami seharusnya diperlakukan jauh lebih baik daripada saat ini. Dan sangat sulit untuk percaya bahwa mereka benar-benar tulus ingin membantu kami agar dapat terus bekerja dengan CEO kami Min Hee Jin. Meskipun dia berada di tengah-tengah semua konflik hukum saat ini, dia diharapkan untuk merencanakan dan secara kreatif memikirkan masa depan kami dalam waktu dua bulan, yang menurut saya pribadi sama sekali tidak masuk akal," ucap Hanni.

"Kami tidak ingin mendengar semua omong kosong tentang bagaimana mereka akan membantu kami terus bekerja dengan CEO Min Hee Jin. Dan kami semua ingin konflik hukum ini diselesaikan dan lingkungan kerja kami dikembalikan ke normal, seperti sebelumnya," tegas Hanni.

Tolong kembalikan CEO (Min Hee Jin) ke posisinya, dan tolong kembalikan ADOR seperti sebelumnya, bukan lingkungan baru yang asing ini dengan orang-orang baru yang asing ini," kata Hyein.

Lebih lanjut Minji menyampaikan harapannya bahwa ADOR yang asli, di mana Min Hee Jin menjadi CEO, manajemen dan produksi digabungkan. Alasan pihaknya mengajukan permintaan ini adalah karena ini adalah cara agar mereka dapat bekerja sama dengan HYBE, tanpa bertengkar dengan perusahaan.

"Jika pendapat kami telah disampaikan dengan benar, kami berharap Ketua Bang dan HYBE akan membuat keputusan yang bijaksana untuk mengembalikan ADOR seperti semula pada tanggal 25 September. Terima kasih telah mendengarkan kami," ujar Minji.

Topik Menarik