Rio Dewanto Ternyata Buta Warna sejak Lahir, Nunjuk Topi Putih padahal Pink

Rio Dewanto Ternyata Buta Warna sejak Lahir, Nunjuk Topi Putih padahal Pink

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 20:53
share

JAKARTA, iNews.id - Artis Rio Dewanto ternyata buta warna sejak lahir atau dalam dunia medis disebut buta warna parsial. Kabar ini mengejutkan publik, karena banyak yang tak menyangka aktor gagah itu buta warna.

Di konten Youtube Tuah Kreasi, Rio Dewanto blak-blakan kondisi matanya yang tidak normal. Ya, dia sudah buta warna sejak lahir atau buta warna parsial.

Saat Rio kecil, dirinya tak paham apa yang terjadi pada matanya. Dia hidup sama seperti anak-anak lain. Tapi, ada momen dia ingin membeli topi di Plaza Senayan Jakarta, dan ternyata salah menyebut nama warna topinya.

"Gejalanya dari kecil gue merasakannya. Kayak gue mau beli topi di Plaza Senayan, gue nunjuk topi, 'Mau yang itu, yang warna putih'. Masnya bingung, 'Huh yang mana? Ini (bukan putih tapi) pink' kata masnya," ungkap Rio, dikutip Jumat (6/9/2024).

Kejadian itu tak membuat Rio merasa aneh dengan matanya. Hidupnya pun berjalan biasa. Tapi, saat ingin masuk kuliah Desain Grafis di Universitas Trisakti, ada tes buta warna dan dari sana Rio sadar kalau dia memang buta warna parsial.

Tesnya itu ada gambar perspektif dan tes kedua menebak angka atau huruf dalam gambar dot-dot. "Nah, di tes kedua gue gak bisa lihat huruf atau angkanya. Ada banyak halaman yang gue gak bisa jawab," katanya.

Sejak saat itu Rio bicara kepada ibunya dan dibawa lah dia ke dokter mata. Dilakukan serangkaian pemeriksaan dan Rio didiagnosis buta warna parsial.

"(Setelah tes kuliah) Gue ngomong ke nyokap dan dibawa ke dokter. Benar kalau gue buta warna parsial," ujarnya.

Di kesempatan itu, Rio cerita juga kalau meski dirinya buta warna, tapi untuk warna solid dia masih bisa mengenali. Lain cerita dengan warna hasil campuran.

"Kalau warna solid tahu, tapi kalau warna campuran, gue gak bisa menebaknya," tambah Rio.

Topik Menarik