Sereal Coklat yang Bikin Nagih! 6 Ide Sarapan Sehat untuk Anak

Sereal Coklat yang Bikin Nagih! 6 Ide Sarapan Sehat untuk Anak

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Minggu, 11 Agustus 2024 - 04:50
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sarapan adalah makanan atau hidangan yang dikonsumsi di pagi hari setelah bangun tidur. Sarapan penting karena memberikan energi awal yang dibutuhkan tubuh untuk memulai hari dan dapat membantu meningkatkan konsentrasi serta produktivitas.

Pilihan makanan untuk sarapan bisa beragam, mulai dari sereal, roti, buah-buahan, telur, hingga makanan tradisional, tergantung pada budaya dan preferensi individu.

Namun sayangnya, di Indonesia masih banyak anak yamg sarapan dengan kualitas gizi rendah. Berdasarkan data Survei Diet Total (SDT) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan pada 2020, sebanyak 66,8 persen anak sarapan dengan kualitas gizi rendah dan asupan vitamin serta mineral mereka belum terpenuhi.

Selain itu, berdasarkan hasil studi dari pakar gizi dan pangan Indonesia, sekitar 60 persen anak-anak tidak sarapan sebelum pergi ke sekolah. Berdasarkan penelitian ini, salah satu pemicu utama masalah ini adalah keterbatasan waktu di pagi hari.

Dalam memenuhi gizi anak, sebaiknya para orang tua mulai memerhatikan sarapan berkualitas yang akan dikonsumsi. Lantas, apa saja menu sarapan yang simpel bisa disajikan kepada anak? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (9/8/2024).

1. Oatmeal dengan buah segar

Oatmeal terbuat dari gandum utuh yang kaya akan serat larut, dapat membantu mengatur kadar gula darah dan menjaga perut kenyang lebih lama. Menambahkan buah segar memberikan tambahan vitamin, mineral, dan antioksidan. Serat dalam oatmeal membantu pencernaan yang sehat dan dapat mencegah sembelit. Buah-buahan segar menambahkan nutrisi penting seperti vitamin C, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh anak.

2. Yogurt dengan granola dan madu

Yogurt adalah sumber protein dan kalsium penting untuk pertumbuhan tulang. Granola biasanya mengandung biji-bijian dan kacang-kacangan, yang menambah serat dan lemak sehat. Yogurt membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi karena kandungan kalsiumnya, sedangkan probiotik dalam yogurt mendukung kesehatan pencernaan. Granola menambah energi dan membuat anak merasa kenyang lebih lama.

3. Smoothie buah dan sayur

Smoothie adalah cara yang bagus untuk memasukkan berbagai macam buah dan sayuran dalam satu porsi. Ini bisa disesuaikan sesuai selera anak, menambahkan sayuran yang biasanya sulit mereka makan dalam bentuk utuh. Smoothie memiliki vitamin, mineral, dan serat yang membantu mendukung kesehatan keseluruhan. Misalnya, bayam dalam smoothie kaya akan zat besi, yang penting untuk pembentukan darah yang sehat.

4. Roti gandum dengan selai kacang dan pisang

Roti gandum utuh mengandung lebih banyak serat dan nutrisi dibandingkan roti putih. Selai kacang adalah sumber protein dan lemak sehat yang baik, dan pisang menambahkan kalium dan karbohidrat alami. Kombinasi ini memberikan energi yang berkelanjutan, meningkatkan fokus dan konsentrasi anak di sekolah. Pisang juga membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan fungsi otot yang sehat.

5. Telur orak-arik dengan sayuran

Telur adalah salah satu sumber protein lengkap yang mengandung semua asam amino esensial. Menambahkan sayuran ke dalam telur orak-arik meningkatkan asupan serat dan vitamin. Protein dalam telur mendukung pertumbuhan otot dan pemulihan jaringan tubuh, sementara sayuran memberikan nutrisi tambahan untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan.

6. Sereal Coklat

Ada banyak sereal yang bisa diberikan kepada anak saat sarapan. Anda bisa memberikan sereal berbahan dasar gandum, jagung, hingga beras. Sereal gandum yang diberikan bisa memiliki rasa coklat agar si kecil lebih bersemangat untuk menyantapnya. Serat dalam sereal juga dapat membantu pencernaan dan mencegah rasa lapar yang berlebihan. Kali ini Anda bisa mencicipi kellogg's coco fills dari Kellanova. Sereal ini juga dikenalkan kepada siswa di 20 sekolah dasar di Jakarta.

Hao Tran, commercial leader untuk Kelloggs Asia Tenggara mengatakan, dia sangat memahami peran penting sarapan sebagai bahan bakar untuk menjalani aktivitas sehari-hari. "Itulah mengapa kami hadir dengan kellogg's coco fills chocolate cereal yang tidak hanya lezat dan mudah disiapkan, tetapi juga terbuat dari biji-bijian utuh untuk memberikan energi kepada anak-anak di pagi hari," kata Hao Tan, melalui keterangannya.

Sereal ini bisa menjadi alternatif sarapan yang lezat dan mudah disiapkan serta dinikmati oleh anak-anak. Sereal ini terbuat dari biji-bijian utuh dengan rasa coklat ganda, bantal coklat dengan isian coklat di dalamnya. Selain itu, mengandung serat. Dibuat dari bahan makanan pokok seperti gandum, jagung, dan beras. "Sereal kami memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi anggota keluarga yang berbeda, baik ibu rumah tangga, anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, atau orang dewasa," katanya.

(*)

Topik Menarik