Ribuan Pelajar di Aceh Tengah Meriahkan Karnaval HUT RI Ke-79 Tahun 2024

Ribuan Pelajar di Aceh Tengah Meriahkan Karnaval HUT RI Ke-79 Tahun 2024

Gaya Hidup | portalaceh.inews.id | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 13:10
share

TAKENGON, iNewsPortalAceh.id- Ribuan pelajar di Kabupaten Aceh Tengah ikut meriahkan Karnaval Budaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun 2024 pada Sabtu,(10/08/2024).

Karnaval kebudayaan ini melibatkan pelajar dari berbagai tingkatan mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) Sekolah Dasar (SD) Sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sederajat, Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat dari berbagai wilayah di Kabupaten Aceh Tengah.

Karnaval ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya menjelang HUT RI, karnaval ini dilepas oleh PJ. Bupati Kabupaten Aceh Tengah, T. Mirzuan di depan kantor Setdakab Aceh Tengah.

Melalui karnaval ini para pelajar dari sekolah bersatu untuk menunjukkan kreativitas masing-masing, mereka menyuguhkan tontonan yang menarik untuk disaksikan oleh warga di sekitar Kota Takengon.

Dipenuhi dengan pernak pernik agustusan, para pelajar berlomba-lomba untuk menciptakan kostum dan pertunjukan yang unik, mulai dari baju kreasi, baju adat, baju pejuang, ulama, dan penampilan perjuangan yang dilakukan dimasa kemerdekaan dulu.

Masyarakat yang menyaksikan juga diperlihatkan edukasi sejarah kemerdekaan, tokoh-tokoh nasional bangsa dan keberagaman budaya yang berada di Indonesia.

Salah satu guru yang mengikuti festival ini, Surmaini mengatakan kegiatan ini bukan hanya sebagai memontum pertunjukan belaka, tapi juga meningkatkan rasa nasionalisme sebagai warga negara.

"Festival ini kami memperkenalkan budaya dan sejarah kemerdekaan, kegiatan ini juga sebagai ajang meningkatkan rasa nasionalisme kita sebagai warga negara yang baik." Ungkap Surmaini.

 

Masyarakat yang menyaksikan festival ini pun penuh dengan rasa suka cita, mereka mengabadikan dan memadati jalur yang diadakannya perayaan festival tahunan ini.

Topik Menarik