Hukum Tajwid Surat Al Lail Ayat 1-10, Lengkap Penjelasan dan Cara Bacanya

Hukum Tajwid Surat Al Lail Ayat 1-10, Lengkap Penjelasan dan Cara Bacanya

Gaya Hidup | inews | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 07:00
share

JAKARTA, iNews.id - Hukum tajwid Surat Al Lail ayat 1-10 menarik untuk dikaji karena banyak kaidah bacaan Al Quran yang harus dicermati.

Bagi seorang muslim, membaca Al Quran dengan baik dan benar, tartil dan fasih adalah fardhu ain. Karenanya, bagi yang belum mahir dianjurkan untuk terus belajar. Allah SWT pun akan memberikan kemudahan jalan bagi hamba-Nya yang mau beajar membaca Al Quran. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya, Surat AL Qamar ayat 22.

Artinya: Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (QS. Al Qamar: 22).

Dalam tafsir Mujahid: yaitu mudah untuk dibaca. Berkata As Suday: yaitu kami gampangkan lisan melantunkannya. Berkata Ad Dhahak dari Ibnu Abbas: Andai Allah tidak mudahkannya atas lisan manusia, tidak ada seorangpun yang mampu berbicara dengan kalam Allah azza wajjala. Penafsir lain mengatakan dengan mempermudah menghafalnya.

Surat Al Lail merupakan surah ke 92 dalam AL Quran. Al Lail artinya malam. Surat ini berjumlah 21 ayat dan turun setelah Surat Al A'la.

Bacaan Surat Al Lail Ayat 1-10

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10

Artinya: Demi malam apabila menutupi (cahaya siang), dan siang apabila terang benderang, dan penciptaan laki-laki dan perempuan, sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda. Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah. Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup, serta mendustakan pahala yang terbaik, maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan)yang sukar. (QS. Al Lail: 1-10).

Di dalam Surat Al Lail banyak terkandung hukum bacaan tajwid di antaranya Alif Lam Syamsiah, Ghunnah, Mad Thabi'i, Mad Layin, Ikhfa, idzhar syafawi, alif lam qomariah, iqlab, dan mad shilah qashirah.

Hukum Tajwid Surat Al Lail Ayat 1-10

1. : Hukum tajwidnya ada 4. Pertama, Alif Lam Syamsiah karena huruf alilf lam bertemu lam. Cara bacanya masuk ke lam. Kedua, Mad Layin karena huruf ya sukun jatuh setelah Lam berharakat fathah. Cara bacanya lunak dan panjang 2 harakat. Ketiga, Mad Thabi'i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif. Cara bacanya panjang 2 harakat. Keempat, Mad Thabi'i karena huruf Syin berharakat fathah bertremu alif. Cara bacanya panjang 2 harakat.

2. : Hukum tajwidnya ada 5. Pertama, alif lam syamsiah karena huruf alilf lam bertemu nun. Cara bacanya masuk ke huruf nun. Kedua, ghunnah karena nun bertasydid. Cara bacanya dengung dan ditahan 3 harakat. Ketiga, Mad Thabi'i karena huruf Ha berharakat fathah bertemu alif. Cara bacanya panjang 2 harakat.
Keempat, Mad Thabi;i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif. Cara bacanya panjang 2 harakat. Kelima, Mad Thabi'i karena huruf Lam berharakat fathah bertremu alif. Cara bacanya panjang 2 harakat.

3. : Hukum tajwidnya ada 5. Pertama, mad thabi;i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif. Cara bacanya panjang 2 harakat. Kedua, alif lam syamsiah karena huruf alif lam bertemu dzal. Cara bacanya masuk ke dzal. Ketiga, alif lam qomariah karena huruf alim lam bertemu alif. Cara bacanya jelas. Keempat, ikhfa karena huruf nun sukun bertemu Tsa. Cara bacanya samar dan dengung serta ditahan 3 harakat. Ketiga, mad thabi'i karena huruf Tsa berharakat fathah bertemu alif. Cara bacanya panjang 2 harakat.

4. : Hukum tajwidnya ada 3. Pertama, ghunnah karena nun sukun bertasydid. Cara bacanya dengung dan ditahan 3 harakat. Kedua, idzhar syafawi karena mim sukun bertemu Lam. Cara bacanya jelas. Ketiga, mad thabi'i karena huruf ta berharakat fathah bertemu alif. Dibaca panjang 2 harakat.

5. : Hukum tajwidnya ada 5. Pertama, Ghunnah karena huruf mim bertasydid. Cara bacanya dengung dan ditahan 3 harakat. Kedua, mad thabi'i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif. Dibaca panjang 2 harakat. Ketiga, idzhar karena huruf nun sukun bertemu alif. Dibaca jelas. Keempat, mad thabi'i karena huruf Tha berharakat fathah bertemu alif, kelima mad thabi'i karena huruf qaf berharakat fathah bertemu alif.

6. : hukum tajwidnya ada 2. Pertama, alif lam qomariah karena huruf lam bertemu ha. Cara bacanya jelas. Kedua, mad thabi;i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif. Dibaca panjang 2 harakat.

7. : hukum tajwidnya ada 2. Pertama, mad shilah qashirah karena huruf ha dhamir bertemu huruf selain hamzah. Cara bacanya panjang 2 harakat. Kedua, mad thabi'i karena huruf Ra berharakat fathah bertemu alif. Dibaca panjang 2 harakat.

8. : Hukum tajwidnya ada 4. Pertama, ghunnah karena huruf mim bertasydid. Cara bacanya dengung dan ditahan 3 harakat. Kedua, mad thabi;i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif. Dibaca panjang 2 harakat. Ketiga, iqlab karena nun sukun bertemu Ba. Cara bacanya nun berubah jadi mim dan berdengung serta ditahan 3 harakat. Keempat, mad thabi'i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif. Dibaca panjang 2 harakat.

9. : Hukum tajwidnya ada 2. Pertama, alif lam qomariah karena huruf lam bertemu ha. Cara bacanya jelas. Kedua, mad thabi;i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif. Dibaca panjang 2 harakat.

10. : hukum tajwidnya ada 2. Pertama, mad shilah qashirah karena huruf ha dhamir bertemu huruf selain hamzah. Cara bacanya panjang 2 harakat. Kedua, mad thabi'i karena huruf Ra berharakat fathah bertemu alif. Dibaca panjang 2 harakat.

Itulah ulasan hukum tajwid Surat Al Lail ayat 1-10 lengkap penjelasan dan cara bacanya.

Wallahu A'lam

Topik Menarik