8 Film Terbaik yang Gambarkan Perang Dunia I, Nomor 3 Dapat Oscar

8 Film Terbaik yang Gambarkan Perang Dunia I, Nomor 3 Dapat Oscar

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 8 Agustus 2024 - 14:03
share

JAKARTA - Warisan Perang Dunia I masih hidup dalam buku-buku sejarah, kenangan dan layar lebar. Meski perang berakhir lebih dari 100 tahun yang lalu, ada banyak film yang memberi tahu Anda tentang kengerian dan tragedi Perang Dunia Pertama.

Untuk menghormati peristiwa bersejarah ini, berikut ini film- film terkenal yang menggambarkan Perang Dunia I.

The Four Horsemen of the Apocalypse merupakan sebuah film bisu klasik, alur ceritanya mengikuti penderitaan keluarga besar yang terpecah di Prancis dan Jerman selama Perang Dunia. Pihak-pihak dipilih dan yang membuat mereka kecewa, anggota keluarga menemukan diri mereka berada di pihak yang berlawanan di medan perang.

Film ini mengangkat Rudolph Valentino menjadi bintang utama dan menampilkan tarian tango yang terkenal dari aktor kelahiran Italia tersebut.

2. The Big Parade (1925) Sebuah kajian tentang perbedaan kelas sekaligus pernyataan antiperang, plot film bisu Amerika ini (dibintangi oleh Rene Adore) berpusat pada seorang pemuda kaya, tetapi pemalas yang bergabung dengan Angkatan Darat AS dan dikirim ke Prancis.

Di tengah pertempuran, dia berteman dengan dua rekrutan dari latar belakang kelas pekerja. Ketiganya jatuh hati pada pesona seorang gadis Prancis. Tragisnya, dua dari mereka kemudian tewas di medan perang.

3. All Quiet on the Western Front (1930) Film antiperang besar pertama di era film bersuara ini berkisah tentang sekelompok rekrutan muda Jerman yang patriotik dan kekecewaan mendalam mereka setelah mereka berakhir di parit.

All Quiet on the Western Front adalah film pertama yang memenangkan Academy Awards untuk kategori Outstanding Production dan Best Director.

4. Journey's End (1930) Journey's End diadaptasi dari drama panggung klasik R.C. Sherriff, di mana film ini berlatar medan perang dan menceritakan kisah sekelompok tentara Inggris, yang salah satunya telah mabuk dan hampir mengalami gangguan saraf.

Film ini menggambarkan bagaimana kesetiaan dan persahabatan diuji hingga batasnya dalam kondisi yang tidak dapat ditoleransi. Seperti dramanya, film ini meraih kesuksesan besar secara kritis dan komersial.

5. A Farewell to Arms (1932) A Farewell to Arms diangkat berdasarkan novel semi-otobiografi Ernest Hemingway dengan judul yang sama, film ini menceritakan kisah seorang pengemudi ambulans Amerika dan seorang perawat Palang Merah Inggris yang jatuh cinta di Italia.

A Farewell to Arms digambarkan sebagai melodrama romantis, berpusat pada hubungan sang pengemudi dan perawat, yang dilarang oleh peraturan militer dan kekuatan cinta abadi antara pasangan yang terjebak dalam konflik yang lebih besar.

6. Sergeant York (1941) Alvin York adalah salah satu prajurit Amerika yang paling berjasa dalam perang tersebut. Pahlawan perang tersebut diperankan oleh Gary Cooper.

Meskipun mengusung tema patriotik, film ini tetap mengeksplorasi upaya York untuk menghindari wajib militer sebagai penentang wajib militer dan keengganannya untuk bertempur setelah direkrut.

Seorang pria religius, keengganan awal York untuk mengangkat senjata di medan perang berubah ketika ia melihat rekan-rekannya ditembak mati di sekelilingnya.

York mengakhiri perangnya sebagai pahlawan nasional dan dianugerahi Medal of Honor. Ia meninggal dengan tenang pada 1964 di usia 76 tahun.

7. Lawrence of Arabia (1962) Lawrence of Arabia diangkat berdasarkan kehidupan T.E. Lawrence, kisah epik yang luas ini berlatar Jazirah Arab dan mengikuti keterlibatan Perwira Inggris Lawrence dalam Dewan Nasional Arab.

Lawrence menyatukan dan memimpin suku-suku Arab yang bertikai ke dalam perang gerilya melawan Turki.

Film yang disutradarai oleh David Lean ini dianggap sebagai mahakarya dan salah satu film terhebat yang pernah dibuat.

8. War Horse Disutradarai dan diproduksi bersama oleh Steven Spielberg, film yang mendapat pujian kritis ini mengikuti seorang pemuda yang menjadi tentara setelah kudanya, Joey, dijual ke kavaleri. Kisah ini pada dasarnya bercerita tentang Joey dan perjalanan mengerikan sang kuda balap menuju medan perang di Eropa.

Topik Menarik