Ciri-ciri Penyakit Leptospirosis, Bakteri yang Bisa Menyebabkan Kematian

Ciri-ciri Penyakit Leptospirosis, Bakteri yang Bisa Menyebabkan Kematian

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 8 Agustus 2024 - 09:09
share

JAKARTA - Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang manusia dan hewan.

Leptospirosis pada manusia dapat menyebabkan kerusakan ginjal, meningitis (radang selaput di sekitar otak dan sumsum tulang belakang), gagal hati, kesulitan bernapas dan bahkan kematian.

Dikutip cdc.gov, sekira 1 juta kasus pada manusia terjadi di seluruh dunia setiap tahun, dengan hampir 60 ribu kematian. Leptospirosis telah dilaporkan di seluruh Amerika Serikat.

Sama seperti manusia, hewan dapat terinfeksi melalui kontak dengan urine yang terkontaminasi atau cairan tubuh lainnya di air atau tanah. Tanda dan gejala pada hewan yang terinfeksi dapat sangat bervariasi, dan beberapa hewan tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Tanda dan gejala Pada manusia, leptospirosis dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk:DemamSakit kepalaMenggigilNyeri otot atau badanMuntah atau mualKulit dan mata menguning (penyakit kuning)Mata merahSakit perutDiareRuam

Banyak dari gejala ini dapat disalahartikan sebagai penyakit lain. Beberapa orang tidak memiliki gejala.

Umumnya, dibutuhkan waktu 2-30 hari untuk jatuh sakit setelah bersentuhan dengan bakteri penyebab leptospirosis. Penyakit ini dapat terjadi dalam dua fase:

Fase pertama, orang mungkin mengalami demam, menggigil, sakit kepala, nyeri otot, muntah, atau diare. Orang tersebut mungkin merasa lebih baik untuk sementara waktu tetapi sakit lagi.

Fase kedua, lebih parah lagi, menyerang ginjal atau hati, atau radang selaput di sekitar otak dan sumsum tulang belakang (meningitis).

Penyakit ini dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Tanpa pengobatan, pemulihan mungkin memerlukan waktu beberapa bulan.

Jika Anda merasa menderita leptospirosis, segera temui penyedia layanan kesehatan agar mereka dapat melakukan tes dan memulai pengobatan yang efektif untuk mengobatinya.

Risiko paparan Bakteri penyebab leptospirosis menyebar melalui urine (kencing) hewan yang terinfeksi. Bakteri dapat bertahan hidup di air atau tanah yang terkontaminasi selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Banyak jenis hewan liar dan domestik yang membawa bakteri ini, termasuk Ternak (sapi, babi, kuda, domba, kambing, dll), anjing, kucing, hewan pengerat (tikus, mencit, dll), mamalia laut (singa laut, anjing laut, dll), hewan liar (hewan kebun binatang, babi hutan, dll).

Jika hewan-hewan ini terinfeksi, mereka mungkin tidak menunjukkan gejala penyakit. Hewan yang terinfeksi dapat terus mengeluarkan bakteri ke lingkungan selama beberapa bulan atau tahun.

Sangat jarang orang menyebarkan leptospirosis ke orang lain.

Orang dapat terinfeksi melalui: Kontak dengan air atau tanah yang mengandung urin atau cairan tubuh dari hewan yang terinfeksi, terutama setelah badai, banjir, atau hujan lebat.

Menyentuh cairan tubuh dari hewan yang terinfeksi secara langsung.

Makan makanan atau minum air yang terkontaminasi urin hewan yang terinfeksi.

Jika Anda terlibat dalam aktivitas yang membuat Anda bersentuhan dengan air, tanah, atau hewan, Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena infeksi. Aktivitas ini meliputi:Rekreasi air seperti berenang, berkayak, berkano, atau arung jeram di sungai, rawa, atau anak sungai.Mendaki gunung atau berburu.Berkebun, berkebun, membersihkan dan merawat halaman luar ruangan.Pekerjaan seperti bekerja di klinik hewan, peternakan sapi perah, atau pemotongan hewan.

Jika Anda mengalami tunawisma atau tinggal di tempat penampungan atau fasilitas lain yang banyak orangnya tinggal berdekatan, Anda mungkin juga berisiko lebih tinggi terkena leptospirosis.

Leptospirosis dan Banjir Risiko setiap orang terkena leptospirosis lebih tinggi setelah badai, hujan lebat, atau banjir. Air seni hewan di tanah dan permukaan lain dapat masuk ke air banjir atau air hujan, mencemari air tersebut dan sumber air alami lainnya seperti sungai. Orang-orang dapat terpapar air yang terkontaminasi atau menggunakannya untuk minum atau mandi.

Pencegahan Jangan berenang atau mengarungi air yang mungkin terkontaminasi dengan air seni hewan, terutama setelah badai, banjir, atau hujan lebat.Hindari kontak dengan hewan yang mungkin terinfeksi.Tutup luka atau goresan Anda dengan perban tahan air.Kenakan pakaian pelindung, sepatu atau sepatu bot tahan air di dekat air banjir atau air atau tanah lain yang mungkin terkontaminasi dengan air seni hewan.

Jika Anda mungkin terpapar akibat pekerjaan Anda (dokter hewan, staf dokter hewan, peternak hewan, pekerja peternakan sapi perah, pengawas hewan, pekerja jagal atau rumah pemotongan hewan, pekerja pembuangan limbah dan sanitasi, militer dan petugas tanggap darurat):Cuci tangan sesering mungkinGunakan alat pelindung diri (sarung tangan, alas kaki, pelindung mata)Bersihkan dan disinfeksi permukaan dan peralatanVaksinasi hewan terhadap leptospirosis, dan pisahkan hewan yang sakitKendalikan populasi hewan pengerat di sekitar area kerja Anda

Pengobatan dan pemulihan Leptospirosis diobati dengan antibiotik, seperti doksisiklin atau penisilin. Antibiotik harus diberikan sedini mungkin jika seorang profesional perawatan kesehatan menduga Anda mungkin menderita leptospirosis.

Antibiotik intravena (IV) mungkin diperlukan bagi orang yang memiliki gejala leptospirosis yang lebih parah.

Pengobatan dini dengan antibiotik dapat membantu mencegah penyakit parah dan mengurangi durasi sakit.

Topik Menarik