6 Tempat Wisata Dekat Gunung Prau untuk Dikunjungi usai Kibar Bendera di Momen HUT Kemerdekaan RI

6 Tempat Wisata Dekat Gunung Prau untuk Dikunjungi usai Kibar Bendera di Momen HUT Kemerdekaan RI

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 8 Agustus 2024 - 04:04
share

HUT kemerdekaan RI tinggal menghitung hari. Beberapa orang kerap merayakannya dengan mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung, salah satunya Prau.

Gunung Prau menjadi salah satu destinasi wisata alam yang digemari para pendaki karena menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Lokasi Gunung Prau juga dikelilingi banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Gunung Prau terletak di daerah Dieng, Jawa Tengah. Tempat wisata alam ini populer karena jalur pendakiannya yang relatif mudah dibandingkan dengan beberapa gunung lainnya di Jawa Tengah.

Gunung Prau juga dikenal karena padang rumputnya yang luas. Puncaknya memiliki tiga buah bukit yang berjejer, yang sering digunakan oleh para pendaki untuk menikmati matahari terbit.

Sementara untuk objek wisata yang ada di sekitar Gunung Prau banyak terdapat di Dieng. Berikut beberapa destinasi wisata yang dekat Gunung Prau yang bisa Anda kunjungi.

1. Telaga Warna Dieng

Telaga Warna adalah salah satu tujuan wisata yang terkenal di kawasan Dieng. Objek wisata ini dikenal karena airnya yang berubah-ubah warna. Jaraknya dari Gunung Prau hanya sekitar 2,9 km.

Air Telaga Warna dapat berubah menjadi biru, hijau, kuning, merah, dan bahkan ungu. Perubahan warna ini dipengaruhi oleh kondisi cuaca, kadar mineral dalam air, dan refleksi cahaya matahari.

2. Kawah Sikidang

Kawah yang terletak di objek wisata Dieng ini merupakan salah satu kawah aktif di Jawa Tengah. Lokasinya dari Gunung Prau hanya berjarak sekitar 3 km.

Kawah Sikidang memiliki aktivitas geologi yang terlihat jelas, termasuk pelepasan gas belerang dan lumpur panas yang terkadang muncul dari dalam tanah.

3. Candi Arjuna

Candi Arjuna menjadi salah satu tempat bersejarah yang dapat dikunjungi di Dieng. Candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-7 atau ke-8 Masehi. Untuk ke lokasi ini dari Gunung Prau hanya perlu menempuh jarak sekitar 3 km.

Candi ini merupakan bagian dari kerajaan Hindu Mataram Kuno yang pernah berkuasa di Pulau Jawa. Cardi Arjuna terdiri dari lima candi kecil yang menghadap ke arah barat, dengan masing-masing candi didedikasikan untuk salah satu dewa Hindu.

4. Candi Setyaki

Lokasi Candi Setyaki berada di dekat kompleks Candi Arjuna. Dilansir dari laman Kemdikbud, candi ini terdiri dari satu candi induk, tidak terdapat candi perwara.

Sifat kehinduan Candi Setyaki bisa dilihat dari relief tokoh dewa yang terdapat di dinding bagian tubuh candi.

Topik Menarik