Tips Minum Kopi Tiap Hari Gak Bikin Gagal Ginjal, Syaratnya Gak Lebih 200 Mg

Tips Minum Kopi Tiap Hari Gak Bikin Gagal Ginjal, Syaratnya Gak Lebih 200 Mg

Gaya Hidup | sindonews | Rabu, 7 Agustus 2024 - 15:27
share

JAKARTA Benarkah minum kopi setiap hari memicu gagal ginjal? Ini menjadi pertanyaan yang kerap diutarakan bagi mereka pencinta kopi.

Seperti diketahui, ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Fungsinya menyaring dan membersihkan darah dari zat dan senyawa asing yang masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan dan minuman sehari-hari.

Apa pun yang masuk ke tubuh akan disaring oleh ginjal. Salah satunya kopi, terlebih jika Anda menikmati kopi setiap hari.

Lalu, apakah minum kopi setiap hari akan menganggu fungsi kerja ginjal? Jika Anda memiliki ginjal yang sehat, dengan kata lain tidak pernah bermasalah dengan ginjal, maka minum kopi dengan batas 200 mg kafein atau sekira dua atau tiga cangkir kopi sehari tidak akan mengganggu fungsi kerja ginjal.

Jumlah kafein yang disebutkan tadi masih sangat aman untuk tubuh. Jumlah 200 mg kafein ini tidak akan membentuk batu ginjal atau mitos-mitos penyakit yang bisa menyerang ginjal lainnya.

Namun, bukan hanya kopi, minuman lain yang mengandung kafein dan pewarna buatan, jika dikonsumsi berlebihan tentu tidak baik untuk ginjal.

Membatasi krim dan gula dan mengatur banyaknya minum kopi adalah kunci untuk membuat secangkir kopi bisa tetap ramah ginjal.

Kafein, bahan aktif dalam kopi, pada dasarnya tidak buruk bagi Anda atau ginjal Anda. Para peneliti telah menemukan beberapa manfaat dari mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang.

Kafein dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda dan meningkatkan metabolisme Anda untuk membantu pembakaran lemak, dan kafein mengandung banyak antioksidan.

Secara keseluruhan, kafein tidak mungkin merusak ginjal Anda selama dikonsumsi dalam dosis kecil.

Jadi, sebenarnya bukan kopi yang bisa merusak ginjal, tapi gaya hidup kita yang tidak sehat yang bisa jadi penyebab paling tinggi.

Namun, jika Anda sudah memiliki penyakit ginjal baik itu batu ginjal dan lainnya, disarankan untuk berhenti minum kopi dan minuman berkafein lainnya agar ginjal yang sudah terjangkit penyakit itu tidak semakin parah sakitnya.

Minum kopi dengan cukup, makan makanan yang sehat serta pola tidur dan istirahat yang cukup akan membuat ginjal ikut sehat.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kafein adalah stimulan, yang dapat memengaruhi tekanan darah sebagian orang.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau berisiko mengalami tekanan darah tinggi, tanyakan kepada dokter apakah aman bagi Anda untuk mengonsumsi kafein.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal, tentu harus membatasi konsumsi kopi. Pasalnya, ginjal tidak mampu menyeimbangkan kadar kalium Anda.

Kalium adalah elektrolit yang dibutuhkan tubuh Anda agar berfungsi dengan baik dan ditemukan dalam banyak makanan, termasuk kopi.

Oleh karena itu, memperhatikan seberapa banyak kalium yang Anda konsumsi penting untuk memastikan angka kalium tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Kalium memang berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Namun, ketidakseimbangan yang signifikan dalam kadar kalium dapat menyebabkan komplikasi pada jantung, seperti detak jantung tidak teratur atau serangan jantung.

Terdapat sekitar 49 miligram kalium dalam 100 gram kopi, dan 3 cangkir kopi dianggap mengandung kalium yang tinggi.

Bagi penderita penyakit ginjal, pantaulah seberapa banyak kopi yang Anda konsumsi sehingga dapat memasukkannya ke dalam asupan kalium harian.

Dan perlu kembali diingat, apa yang Anda tambahkan ke kopi, seperti krim atau susu, juga dapat meningkatkan kandungan kalium.

Topik Menarik