Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriah: Arab, Latin, Artinya & Keutamaan

Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriah: Arab, Latin, Artinya & Keutamaan

Gaya Hidup | inews | Sabtu, 6 Juli 2024 - 05:45
share

JAKARTA, iNews.id - Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, muslim dianjurkan membaca doa akhir tahun dan awal tahun hijriah.

Sesuai kalender nasional, Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H jatuh bertepatan pada hari Mingguu, 7 Juli 2024. Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H tersebut juga dijadikan sebagai Hari Libur Nasional.

Dilansir dari Buku Muharram Bukan Bulan Hijrahnya Nabi karya Imam Zarkasih, Bulan Muharram dijadikan awal bulan hijriah berdasarkan konsensus Khalifah Umar bin Khattab yang direkomendasikan Utsman bin Affan.

Bulan Muharram dipilih sebagai awal kalender Islam karena awal hijrahnya Nabi SAW terjadi sejak Bulan Muharram ketika para sahabat membaiat Nabi SAW. Dipilihnya Bulan Muharram sebagai awal tahun hijriah juga karena banyak keutamaan dan peristiwa penting para nabi yang terjadi di bulan mulia itu.

Bulan Muharram juga menjadi ladang pahala karena amalan ibadah di bulan ini dilipatgandakan pahalanya. Sebaliknya, perbuatan maksiat dilipatgandakan dosanya.Keutamaan Bulan Muharram disebut sebagai bulan haram atau mulia oleh Allah SWT ditegaskan dalam Al Quran, surat At taubah ayat 36.

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus.. (QS. At-Taubah: 36).

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, yang dimaksud empat bulan haram adalah bulan Dzul Qadah, Dzulhijjah, Muharram (tiga bulan ini berurutan), dan Rajab. Pada bulan-bulan ini, masyarakat Arab dilarang berperang karena disucikannya keempat bulan tersebut. Oleh karena itu, ia juga dinamakan Syahrullah Asham, yang artinya Bulan Allah yang Sunyi karena larangan berperang itu.

Keutamaan Bulan Muharram juga disebutkan dalam hadits Nabi SAW yang diriwayatkan Abu Bakrah radhiallahuanhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

Artinya: Sesungguhnya zaman berputar sebagai mana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan: Dzul Qodah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadi Tsani dan Syaban. (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriah

Menyambut Tahun Baru Islam, ada salah satu amalan yang dianjurkan yakni membaca doa akhir tahun dan awal tahun hijriyah.Mengenai waktu yang tepat membaca doa akhir tahun hijriyah yakni setelah ashar. Sedangkan doa awal tahun hijriyah dibaca setelah maghrib.

Doa Akhir Tahun Hijriah

. .

Latin: Wa sallallaahu ala sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadin wa alaa aalihi wa sahbihii wa sallam. Allaahumma maa amiltu fi haazihis-sanati mimmaa nahaitani anhu fa lam atub minhu wa lam tardahuuwa lam tansahuu wa halimta alayya bada qudratika alaa uquubati wa daautani ilattaubati minhu bada jurati alaa masiyatika fa inni astagfiruka fagfirlii wa maa amiltu fiihaa mimma tardaahu wa waattani alaihis-sawaaba fasalukallahummayaa kariimu yaa zal-jalaali wal ikraam,an tataqabbalahuu minni wa laa taqta rajaai minkaa yaa kariim, wa sallallaahu alaa sayyidinaa Muhammadiw wa 'alaa aalihii wa sahbihii wa sallam.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah,segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu,sedang kami belum bertaubat,padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya,dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat.Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu.

Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan,semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad,keluarga dan sahabatnya.

Doa Awal Tahun Hijriah

.

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Wa sallallaahu alaa sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadin wa alaa aalihi wa sahbihii wa sallam.

Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwal, wa alaa fadlikal-azimi wa juudila-muawwali,wa hadzaa aamun jadidun qad aqbala nasalukal ismata fiihi minasy-syaitaani wa auliyaaihi wa junuudihi walauna alaa haazihin-nafsil ammaarati bis-suui wal isytigaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa zal-jalaali wal-ikraami yaa arhamar raahimiin, wa sallallaahu alaa sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadiw wa alaa aalihi wa ashaabihii wa sallamAmin yaa rabbal alamin.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan.Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta para keluarganya dan sahabatnya".

Keutamaan Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Ustaz Firman Arifandi dari Rumah Fiqih Indonesia menjelaskan, ada sebuah dalil mengenai doa awal dan akhir tahun yang diyakini merupakan amalan dari para sahabat Nabi melalui riwayat Abdullah bin Hisyam dalam al mujam al awsath imam Thabrani:

: :

Artinya: Dari Abdullah bin Hisyam, ia berkata bahwa para Sahabat Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mempelajari doa berikut jika memasuki tahun atau bulan. Ya Allah, masukan kami ke dalamnya dengan aman, iman, selamat dan Islam. Mendapatkan ridho Allah dan dijauhkan dari gangguan syetan (HR Thabrani, Al Hafizh Al Haitsamiy menilai Hasan).

Termasuk berdoa kebaikan di awal ataupun akhir tahun. Sebagaimana diketahui bahwa redaksi doa juga tidaklah selalu harus dari lafadz Rasulullah, ada juga yang merupakan warisan dari sahabat atau ulama-ulama yang shalih, maka yang seperti ini juga sah saja untuk kita lanjutkan.

Imam suyuthi berkata dalam kitab al-jami' al-kabir mengatakan doa awal tahun diriwayatkan dari sabda Rasulullah SAW:

: : :

"Tidak ada dari seorang hamba yang sholat di permulaan (awal) hari dari (bulan) Muharram dengan dua (2) rokaat yang membaca terhadap sesuatu yang dia kehendaki. kemudian ketika dia selesai dari sholat, dia mengangkat kedua tangannya kemudian berdoa.

Keutamaan memanjatkan doa dalam mengakhiri tahun dan mengawali tahun baru diharapkan dosa-dosa yang dilakukan bisa mendapat ampunan dari Allah SWT. Selain itu, mengharap keberkahan dan rezeki melimpah serta dijauhkan dari godaan setan.

Demikian ulasan bacaan doa akhir tahun dan awal tahun hijriah beserta keutamaannya.

Topik Menarik