Doa Minum Air Zamzam, Berkah dan Kesembuhan dalam Setiap Tegukan

Doa Minum Air Zamzam, Berkah dan Kesembuhan dalam Setiap Tegukan

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 28 Juni 2024 - 21:43
share

JAKARTA, iNews.id -  Doa minum air zamzam merupakan salah satu doa yang sangat dianjurkan dalam Islam. Air zam zam adalah air yang berasal dari sumur zamzam di Mekah, Saudi Arabia, yang dipercaya memiliki berkah dan keistimewaan tersendiri. 

Rasulullah SAW pun sangat menyarankan umatnya untuk minum air zamzam dan berdoa sebelum serta sesudah meminumnya. Doa ini tidak hanya memohon berkah dari air zamzam, tetapi juga sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT kepada umat-Nya.

Makna Zamzam

Makna Zamzam dalam bahasa Arab adalah air yang melimpah atau berlimpah-limpah. Air Zamzam yang dimaksud dalam syariat adalah air yang berasal dari sumur Zamzam yang terletak sekitar 38 hasta dari Ka'bah.

Nama Zamzam dipilih sesuai dengan artinya karena air dari sumur ini sangat melimpah dan tidak pernah habis meskipun diambil dan didistribusikan oleh umat Muslim ke seluruh dunia setiap harinya.

Selain itu, nama Zamzam juga dapat diambil dari tindakan Hajar ketika ia mengumpulkan air yang terpancar dari sumur ini, atau dari galian Malaikat Jibril yang membuka sumur tersebut, seperti yang disebutkan dalam sejarah.

Menurut beberapa pendapat, nama Zamzam adalah 'alam, yang merupakan nama asal yang berdiri sendiri, bukan berasal dari kata lain. Atau juga mungkin berasal dari suara air Zamzam itu sendiri, karena "zamzamatul ma`" mengacu pada suara air yang mengalir.

Selain nama Zamzam, dalam sejarahnya juga dikenal dengan sejumlah nama lain seperti barrah (kebaikan), madhmunah (yang berharga), taktumu (yang tersembunyi), hazmah Jibril (galian Jibril), syifa` suqim (obat penyakit), tha’amu tu’im (makanan), syarabul abrar (minuman orang-orang baik), dan thayyibah (yang baik).

Dilansir iNews.id dari NU Online, berikut doa minum air Zamzam:

Doa Minum Air Zamzam

Sebuah riwayat dari Ad Daruquthniy namun ini bukan perkataan Nabi, hanyalah doa yang dipraktekkan oleh Ibnu Abbas. Ia berdoa saat minum air zamzam,

اللهم إني أسألك علماً نافعاً، ورزقاً واسعاً، وشفاءً من كل داء

/Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon waasi’an wa syifa’an min kulli daa-in/

“Ya Allah aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit“.

Manfaat Air Zamzam bagi Kesehatan

Air Zamzam, yang ditemukan di sumur mata air sekitar Ka’bah di Mekah, Arab Saudi, memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Mencegah dan mengatasi dehidrasi: Air Zamzam membantu mencegah kekurangan cairan tubuh, terutama saat berpuasa atau dalam kondisi iklim kering dan panas.
  2. Menurunkan risiko kanker: Kandungan mineral dan sifat basa pada air Zamzam dapat membantu mengurangi risiko terbentuknya sel-sel kanker.
  3. Mencegah gigi berlubang: Zat bikarbonat dalam air Zamzam menjaga pH air liur dan gigi, melindungi gigi dari kerusakan dan mencegah gigi sensitif.
  4. Mencegah osteoporosis: Kandungan kalsium yang tinggi membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.
  5. Melancarkan pencernaan: Mineral dan bikarbonat pada air Zamzam membantu menetralkan kelebihan asam lambung.


Demikianlah penjelasan mengenai doa minum air zamzam. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Topik Menarik