Contoh Teks MC Peringatan Tahun Baru Islam yang Bisa Jadi Referensi 

Contoh Teks MC Peringatan Tahun Baru Islam yang Bisa Jadi Referensi 

Gaya Hidup | inews | Senin, 8 Juli 2024 - 22:10
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks MC peringatan Tahun Baru Islam berikut ini bisa jadi referensi bagi kamu yang dipercaya jadi pembawa acara. Umat Muslim akan memperingati tahun baru 1 Muharram 1446 H pada Minggu, 7 Juli 2024.

Umat Muslim biasanya mengadakan berbagai acara untuk memperingati Tahun Baru Islam. Tentunya, acara tersebut biasanya dipandu oleh seorang MC yang mengarahkan jalannya acara.

Sebagai bahan referensi, kamu dapat membaca dan mencermati contoh teks MC peringatan Tahun Baru Islam yang telah iNews.id lansir dari berbagai sumber, Kamis (4/7/2024).

Contoh Teks MC Peringatan Tahun Baru Islam

1. Contoh Teks MC 1

Assalamualaikum Wr Wb,

Bapak KH......... yang kami hormati, rekan dan rekanita yang kami hormati. Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati. Dengan memuji syukur kita haturkan kehadirat Allah SWT, karena pada malam hari ini kita bisa berkumpul dalam acara peringatan tanggal 1 Muharram, mudah-mudahan pertemuan kita pada acara kali ini membawa kemaslahatan bagi kita di dunia dan di akhirat.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW, karena beliaulah yang berhasil merubah situasi dari zaman jahiliyah menjadi situasi benderang, yakni agama Islam, agama yang diridhai oleh Allah.

Hadirin yang dimuliakan Allah,

Agar acara ini tidak sampai berlarut malam, langsung saja kami bacakan susunan acara yang sudah tersusun, yaitu:

1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat suci al-Quran
3. Sambutan-sambutan
a. Prakata panitia
b. Sambutan ketua pemuda
c. Sambutan kepala desa
4. Ceramah agama Islam
5. Istirahat
6. Doa bersama
7. Penutup

Demikian acara yang akan berlangsung pada malam hari ini.
Sebelum berlanjut ke acara selanjutnya, alangkah lebih baiknya bila kita membaca Basmalah bersama-sama, dengan maksud dan tujuan agar acara berlangsung dengan lancar dan tanpa ada halangan yang tidak kita inginkan.

Menginjak acara yang kedua adalah pembacaan ayat suci al-Quran yang akan dibacakan oleh saudara kepadanya kami persilahkan.

Pembacaan ayat suci al-Quran

Terimakasih kami sampaikan kepada saudara ...... yang telah membacakan ayat suci al-Quran, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita yang membaca khususnya, umum nya untuk kita semua.

Melangkah ke acara berikutnya, yaitu sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh panitia pelaksana, kepada yang bersangkutan kami persilahkan.

Prakata panitia

Terimakasih kami sampaikan kepada saudara...... yang telah memberikan sambutannya atas nama panitia pelaksana. Kita menginjak ke sambutan yang selanjutnya, kepada ketua pemuda, bapak...... kami persilahkan.

Sambutan ketua pemuda

Terimakasih kepada bapak.... yang telah memberikan sambutannya. Semoga bisa menjadi motivasi bagi kita semua sebagai generasi muda.

Acara berikutnya adalah sambutan yang terakhir yang akan dibacakan oleh bapak kepala desa, kepadanya kami persilahkan.

Terimakasih kami sampaikan kepada bapak kepala desa yang telah memberikan motivasinya kepada kawula muda.

Dan kini tiba saatnya kepada acara yang telah kita tunggu-tunggu, yakni ceramah agama (tabligh) yang akan disampaikan oleh pimpinan pondok pesantren......... Bapak........, kepadanya kami persilahkan.

Ceramah agama Islam yang pertama

Terimakasih kepada bapak KH......... yang telah memaparkan tausiyahnya, mudah-mudahan yang disampaikan tadi membawa kemanfaatan bagi kita semua, sehingga kita bisa menempatkan diri hidup dijaman yang serba maju ini.

Acara selanjutnya, yaitu istirahat, dalam istirahat ini akan diadakan makan bersama, oleh karena itu kepada petugas konsumsi agar mempersiapkan hidangan yang sudah
disediakan.

Istirahat

Saya kira cukup acara istirahat, dan kini kita ikuti acara berikutnya, yaitu dosa bersama yang akan dipimpin langsung oleh KH........ kepada beliau kami persilahkan.

Doa bersama

Doa bersama sudah kita ikuti bersama, mudah-mudahan doa yang kita panjatkan dapat terkabulkan oleh Allah SWT, Amin ya Alloh ya Rabbal alamin.

Mari kita akhiri acara pada kesempatan kali ini dengan ucapan Hamdallah bersama-sama Alhamdulillah.

Kami selaku panitia pelaksana mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam mengatur jalan nya acara ini. Wabillahi taufik walhidayah

Assalamu'alaikum Wr Wb

2. Contoh Teks MC 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil alamin. Wassholaatu wassalaamu'alaa Sayyiidinaa Muhammadin sayyidil mursaliin wal'alaa alihii washohbihii ajma'in. Marilah kita panjatkan puja dan puji kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Tak lupa mari kita hadiahkan sholawat serta salam kepada junjungan kita, suri tauladan kita, Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan juga para pengikutnya.

Kami selaku perwakilan panitia mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada bapak-bapak, ibu-ibu dan para hadirin sekalian yang telah bersedia memenuhi undangan kami dalam acara Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H di MAN 3 Bone yang mengangkat tema "Dengan Semangat 1 Muharram 1444 H, Eratkan Ukhuwah Islamiah dalam Menghadapi Tantangan Generasi Milenial Menuju Pribadi Madrasah Mandiri Berprestasi".

Namun sebelumnya, izinkan kami untuk menyampaikan beberapa mata acara yang akan kita lalui bersama-sama, yaitu:

Pembukaan
Pembacaan ayat suci Al-Quran oleh saudara Aldi Febrianto
Sambutan dari Bapak Kepala Madrasah
Tausiah dari Ketua Majelis Ulama Indonesia Kec. Lappariaja, Bapak Ismail
Dzikir dan doa bersama
Penutup

"Bismillahirrahmanirrahim."

Acara berikutnya adalah pembacaan ayat suci Al-Quran. Kepada saudara Aldi Febrianto, waktu dan tempat kami persilahkan.

"Pembacaan ayat suci Al-Quran"

Subhanallah, demikian tadi pembacaan ayat suci Al-Quran oleh saudara Aldi Febrianto. Kepadanya dan kita semua yang mendengarkan, semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua, aamiin.

Acara berikutnya yaitu sambutan dari Bapak Kepala Madrasah. Kepada yang terhormat, waktu dan tempat kami persilahkan.

"Sambutan"

Demikian tadi sambutan dari beliau, Bapak Kepala Madrasah. Subhanallah, ternyata banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil. Marilah kita senantiasa tanamkan tekad dalam hati kita untuk membangun semangat dalam menyambut Tahun Baru Islam. Insya Allah kita akan mendapatkan ridho Sang Ilahi.

Acara selanjutnya adalah tausiah dari Ketua Majelis Ulama Indonesia Kec. Lappariaja, kepada beliau, waktu dan tempat kami persilahkan.

"Tausiah"

Demikian tadi ceramah yang telah disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia Kec. Lappariaja, semoga dari apa yang tadi beliau sampaikan bisa menjadi penambah semangat agar kita senantiasa optimis menjalani hidup, aamiin.

Acara berikutnya adalah dzikir dan doa bersama yang akan dipimpin langsung oleh beliau, Bapak H. Muhammad Imaduddin. Kepada Bapak H. Muhammad Imaduddin, waktu dan tempat kami persilahkan.

"Doa bersama"

Berhubung acara demi acara telah kita lalui bersama-sama, marilah kita tutup acara kita pada malam hari ini dengan membaca hamdalah.

Alhamdulillahirabbil alamin.

Sekian dari kami, terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian ulasan mengenai contoh teks MC peringatan Tahun Baru Islam. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik