Mengenal Buah Paling Langka di Dunia, Ada yang 8 Tahun Baru Berbuah

Mengenal Buah Paling Langka di Dunia, Ada yang 8 Tahun Baru Berbuah

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 11 Februari 2023 - 10:09
share

JAKARTA, iNews.id - Mengonsumsi buah memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Buah mengandung berbagai macam vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga sistem imun.

Namun, beberapa buah ini terkadang sulit untuk ditemukan karena hanya berbuah pada musim-musim tertentu. Lebih menariknya lagi beberapa buah-buah tersebut justru memiliki bentuk yang unik dan mengundang decak kagum.

Ya, buah tersebut masuk dalam kategori langka. Anda jarang menemukan atau bisa jadi sama sekali belum pernah tahu mengenal buah langka ini.

Penasaran apa saja buah langka yang ada di berbagai negara? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (11/2/2023).

1. Genderuwo

width=800

Anda pastinya akan mengernyitkan dahi, setelah mendengar nama buah satu ini. Tetapi, buah Genderuwo memang benar-benar ada lho! Genderuwo merupakan jenis dari buah pisang yang banyak ditemui di Yogyakarta. Buah pisang satu ini diberi julukan demikian karena ukurannya yang besar, dan berbentuk kehitaman yang dianggap sama seperti Genderuwo. Pisang Genderuwo termasuk buah yang langka di dunia, karena sejauh ini hanya ditemukan di Yogyakarta.

2. Ackee Jamaika

width=800

Buah yang kedua ini memiliki bentuk unik, namun buah ini tidak untuk dikonsumsi. Ackee Jamaika dikenal sebagai buah beracun yang dapat menyebabkan kematian. Buah asal Jamaika ini dikategorikan sebagai Apel dan Leci. Buah ini tidak bisa ditemukan di kawasan tropis atau khatulistiwa karena suhunya yang tidak sesuai.

3. Jeruk Tangan Buddha

width=800

Sesuai dengan namanya, jeruk jenis ini memiliki bentuk yang berbeda dengan jeruk pada umumnya. Bentuknya memanjang dan menyerupai jari jemari. Jari-jari yang menjuntai dari jeruk ini sebanyak lima sampai 25 jari. Uniknya lagi, buah ini hampir tidak memiliki buah dan daging biji. Jeruk Tangan Buddha dimanfaatkan kulitnya untuk dijadikan minyak.

4. Buah Akebi

width=800

Tumbuh di negeri Sakura alias Jepang, buah Akebi memiliki penampilan seperti buah terong pada bagian luarnya. Saat dibuka justru sama seperti buah markisa. Yang tak kalah unik, Akebi yang hanya tumbuh pada bagian utara Jepang ini hanya ada selama 2 minggu saja di awal musim gugur. Buah ini dipercaya dapat mempercantik kulit dan mencegah flu.

5. Apple Black Diamond

width=800

Buah apel yang satu ini tidak berwarna merah atau hijau, melainkan ungu tua bahkan cenderung berwarna hitam. Rasanya pun mirip seperti dengan apel pada umumnya. Kondisi geografis yang menyebabkan apel ini berwarna hitam, dan hanya bisa tumbuh di pegunungan tibet, atau sekitar 1300 meter di atas permukaan laut. Untuk mendapatkan apel ini Anda harus menunggu sekitar 8 tahun lamanya untuk berbuah.

6. Hala

width=800

Buah Hala berasal dari Hawai, dan spesies tanaman pandan yang bisa ditemukan di daerah Pasifik dan Australia. Bagian dalam buah Hala keras dan terdapat ratusan biji di dalamnya. Buah Hala dan daunnya ini memiliki banyak manfaat, dan tak sekadar hanya bisa dimakan. Daun buah hala dapat digunakan menjadi berbagai kerajinan tangan seperti tas, tikar, dan lainnya.

7. Kiwano

width=800

Kiwano atau Melon Tanduk ini tumbuh di kawasan gurun Afrika. Warna kulit buahnya ini kuning, dan memiliki benjolan. Saat dibuka, bagian dalam buahnya mirip dengan markisa, yang tentunya membuat Kiwano berbeda dengan melon pada umumnya.

8. Rambutan Hutan

width=800

Rambutan hutan juga dikenal sebagai Saninten ini terbilang sudah sangat langka. Padahal buah ini memiliki segudang manfaat untuk olahan makanan. Kini rambutan hutan telah jadi tumbuhan yang dilindungi keberadaannya.

Topik Menarik