Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 di Garut : Ajak Pemuda Berperan Dalam Kemajuan Bangsa

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 di Garut : Ajak Pemuda Berperan Dalam Kemajuan Bangsa

Terkini | garut.inews.id | Senin, 28 Oktober 2024 - 12:10
share

GARUT, iNewsGarut.id – Pj Bupati Garut, Barnas Adjidin, memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 di Lapangan Oto Iskandar Di Nata, Kecamatan Garut Kota, Senin (28/10/2024). Dalam kesempatan tersebut, Barnas memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh pemuda yang telah berkontribusi dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan bangsa.

Pada upacara ini, Barnas mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bangga terhadap pemuda Indonesia saat ini. Ia menekankan pentingnya membekali generasi muda dengan pengetahuan dan kesehatan sebagai modal menjadi pemimpin masa depan.

"Saya mengharapkan pemuda Garut itu harus cerdas, karena kita tau bahwa sekarang ini kita dihadapkan era digitalisasi, oleh karena itu kuasai ilmu lalu kemudian tekad yang kuat, juga akhlak yang baik," ungkapnya.

Barnas juga menegaskan bahwa pemuda merupakan tunas bangsa yang akan menggantikan estafet kepemimpinan, sehingga perlu mendapatkan perhatian dalam pengembangan potensi dan semangat kepemudaan. Ia menambahkan, bahwa Generasi Z juga sangat berperan terhadap kepemudaan, yang dapat dimulai dengan pembangunan karakter.

"Karakter yang berpendidikan, karakter yang maju, juga karakter yang bisa mencirikan menjadi pemimpin masa depan," tuturnya.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Garut, Okke Muhamad Hadits, turut menyampaikan apresiasinya terhadap peringatan Sumpah Pemuda kali ini yang mengusung tema “Maju Bersama Indonesia Raya.” 

Okke berharap momen ini dapat menyatukan pemuda dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Ia juga berterima kasih kepada pemerintah daerah atas dukungan dalam pembangunan Gedung Pemuda, yang direncanakan akan diresmikan pada bulan Desember mendatang.

 

"Dan juga saya ucapkan selamat kepada seluruh pemenang penghargaan, ini merupakan contoh dan motivasi bagi seluruh pemuda di Kabupaten Garut," ucapnya.

Di sisi lain Okke menerangkan, bahwa saat ini peran kepemudaan di Kabupaten Garut masih belum maksimal. Meski demikian, ia berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan dukungan terhadap kepemudaan di Kabupaten Garut, melalui dibangunnya Gedung Pemuda yang direncanakan akan diresmikan bulan Desember.

Ia berharap, ke depannya peran kepemudaan dapat lebih ditingkatkan, begitu pula pemerintah daerah dapat saling bahu membahu bersama KNPI dalam membangun peran kepemudaan di Kabupaten Garut.

Salah satu penerima penghargaan, Ainun Kuswandi, atlet peraih medali emas dalam Cabang Olahraga Tarung Derajat PON Aceh 2024, turut menyampaikan rasa syukurnya. 

"Harapan saya mudah-mudahan Pemerintah Kabupaten Garut dan jajarannya bisa terus memperhatikan atlet-atlet yang berprestasi, bisa memfasilitasi nanti ke depannya akan seperti apa," ungkapnya.

Topik Menarik