Organda Mendorong Keselamatan Angkutan Jalan untuk Indonesia Maju Pada Agenda Mukernas III 2024

Organda Mendorong Keselamatan Angkutan Jalan untuk Indonesia Maju Pada Agenda Mukernas III 2024

Ekonomi | jatenginfo.inews.id | Rabu, 9 Oktober 2024 - 01:40
share

SOLO, iNewsJatenginfo.id - Organisasi Angkutan Darat (Organda) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) III Periode 2021-2026 di Alila Hotel, Solo, Jawa Tengah. Acara yang berlangsung mulai 8 hingga 10 Oktober 2024 ini mengusung tema Semangat Keselamatan Angkutan Jalan untuk Indonesia Maju.

Tidak hanya menjadi slogan, tetapi tema ini juga menjadi panduan praktis yang diimplementasikan melalui berbagai sesi, termasuk paparan dari narasumber terkemuka yang memberikan wawasan berharga mengenai keselamatan transportasi.

Sejumlah tokoh penting hadir di acara ini, di antaranya Irjen Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K (Dirjen Perhubungan Darat), Brigjen Pol. Raden Slamet Santoso, S.H, S.I.K.Bp (Direktur Penegakan Hukum Korlantas POLRI) mewakili KaKorlantas Mabes POLRI, Rivan Purwantono (Dirut PT. Jasa Raharja Persero), Dr. Dhoni Widianto, M.Si (PJ Walikota Solo), Sri Susuhunan Pakubuwana XIII, Kombes Pol. Sonny Irawan (Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah) mewakili Kapolda Jawa Tengah, Dr. Ir. Soerjanto Tjahjono (Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi), Sumarno, SE, MM (Sekreataris Daerah Provinsi Jawa Tengah) mewakili Gubernur Jawa Tengah

Tidak hanya itu, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Dr. (H.C.) Ir. Budi Karya Sumadi turut memberikan sambutan melalui video tapping yang menyatakan apreasiasinya kepada Organda atas upaya dan dukungan terhadap program pemerintah dalam mewujudkan angkutan jalan yang berkeselamatan.

“Angkutan umum yang berkeselamatan menjadi perhatian utama, oleh karana itu Kementerian Perhubungan berupaya mewujudkannya melalui kreasi, inovasi, berkolaborasi bersama dengan stakeholder, akademisi, pakar transportasi dan Organda yang menjadi satu-satunya organisasi angkutan bermotor di jalan yang memiliki peran penting dalam roda kelancaran perekonomian bangsa,” tambah Bapak Budi.

Ketua Umum Organda, Bapak Adrianto Djokosoetono, menegaskan komitmen organisasi dalam meningkatkan kualitas layanan dan keselamatan angkutan jalan di Indonesia serta mengapresiasi kebijakan subsidi BBM yang membantu daya beli masyarakat, namun menekankan perlunya kepastian pasokan dan mutu BBM untuk angkutan umum.

“Kepastian/Kelancaran pasokan disemua wilayah, Tingkat mutu BBM di SPBU terjamin sama di semua wilayah dengan Tingkat spesifikasi memadai, Tingkat harga BBM yang relative konstan dipelbagai daerah sesuai tingkat kesulitan pemasokan,” tegasnya.

Ia juga menyatakan dukungan Organda terhadap energi baru terbarukan (EBT) dan penerapan kendaraan listrik (BEV) serta CNG, meskipun upaya dekarbonisasi masih memerlukan pendekatan yang sistematis dan berkelanjutan.

Dalam konteks keselamatan angkutan jalan, yang masih mencatatkan angka kecelakaan tinggi mencapai 30.000 per tahun, Organda berkomitmen untuk meminimalisir risiko melalui pengelolaan operasional yang berkeselamatan. Bapak Adrianto menegaskan pentingnya pembinaan pengemudi oleh pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan tentang safety riding dan defensive driving. Organda juga mengajak seluruh anggota untuk berbenah dan meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam industri angkutan.

Dalam acara ini, ORGANDA juga memberikan cinderamata kepada para pengemudi yang mewakili angkutan orang, angkutan barang dan transportasi darat lainnya sebagai bentuk penghargaan terhadap dedikasi mereka dalam menjalankan tugas dengan aman dan profesional. Penyerahan cinderamata ini dilakukan oleh Ketua Umum DPP ORGANDA dan menjadi simbol komitmen organisasi dalam mendorong budaya keselamatan di kalangan pengemudi.

Pemberian cinderamata ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan penghargaan, tetapi juga untuk menekankan pentingnya keselamatan dalam angkutan jalan. Dengan mengakui kontribusi para pengemudi, diharapkan mereka dapat menjadi contoh yang baik bagi rekan-rekan mereka dan masyarakat luas dalam menjaga keselamatan di jalan raya. Momen ini akan menjadi simbol komitmen ORGANDA dalam mendorong budaya keselamatan transportasi yang lebih baik di Indonesia.

Ketua Umum DPP Organda Adrianto Djokosoetono mengatakan, melalui kegiatan ini, Mukernas III ORGANDA 2024 berupaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi semua pengguna jalan, serta mendorong semua pihak untuk berperan aktif dalam menjaga keselamatan angkutan jalan demi kemajuan Indonesia.

Dengan berbagai inisiatif dan diskusi yang berlangsung selama Mukernas III ini, diharapkan tema "Semangat Keselamatan Angkutan Jalan untuk Indonesia Maju" dapat menginspirasi perubahan positif dalam perilaku pengguna jalan serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam setiap aspek transportasi di Indonesia.

Topik Menarik