Pembatasan BBM Subsidi Batal 1 Oktober, ESDM Jamin Pasokan Pertalite Aman

Pembatasan BBM Subsidi Batal 1 Oktober, ESDM Jamin Pasokan Pertalite Aman

Ekonomi | inews | Sabtu, 28 September 2024 - 10:41
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan kuota bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite aman hingga akhir tahun, meski rencana pembatasan penggunaan BBM subsidi batal diterapkan mulai 1 Oktober mendatang. 

Namun, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi menuturkan bahwa konsumsi BBM Pertalite hingga akhir tahun cukup mengkhawatirkan. 

"Waktu di DPR beberapa itu, kan cukup mengkhawatirkan. Tapi tetap pemerintah kuncinya dan pemerintah tetap menjamin angka kebutuhan masyarakat terpenuhi, sesuai dengan kebutuhannya. Nanti kuncinya nanti sesuai dengan kebutuhannya," ucap Agus saat dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (27/9/2024).

Ketika ditanya perihal wacana pemerintahan Prabowo Subianto yang akan mengubah skema penyaluran subsidi energi menjadi uang tunai, Agus juga tidak menampik hal tersebut.

"Targetnya sama, targetnya adalah idealnya subsidi adalah kepada orang langsung untuk meningkatkan daya belinya," tuturnya. 

Selanjutnya, Agus juga menyebutkan bahwa hal ini belum dibicarakan dengan tim transisi. Sebab menurutnya, target yang akan disasar pun sama.

"Belum, tapi itu kan sama. Jadi dibicarain, enggak bicarain kan memang targetnya sama. Targetnya kesana, pemerintah sekarang targetnya juga kesana," ucap Agus. 

Topik Menarik