Francoise Bettencourt Meyers Kembali Jadi Perempuan Terkaya di Dunia, Hartanya Bertambah Rp84,53 Triliun

Francoise Bettencourt Meyers Kembali Jadi Perempuan Terkaya di Dunia, Hartanya Bertambah Rp84,53 Triliun

Ekonomi | inews | Sabtu, 28 September 2024 - 05:20
share

JAKARTA, iNews.id - Pewaris Walmart Alice Walton harus menyerahkan tahta perempuan terkaya di dunia kepada Francoise Bettencourt Meyers di tengah peningkatan saham L'Oreal. Kenaikan harga saham ini mengikuti lonjakan saham mewah Eropa yang bereaksi positif terhadap paket stimulus ekonomi yang dijanjikan oleh China minggu ini.

Mengutip Forbes, Meyers, yang diungguli Walton sebagai perempuan terkaya di dunia awal bulan ini, merebut kembali gelar tersebut pada hari Kamis, saat perkiraan kekayaan bersihnya tumbuh menjadi 93,1 miliar dolar AS atau setara Rp1.430 triliun, sementara Walton turun menjadi 90,4 miliar dolar AS atau setara Rp1.389 triliun.

Peningkatan kekayaan bersih Meyers sebesar 5,5 miliar dolar AS atau setara Rp84,53 triliun mengikuti kenaikan saham L'Oreal yang ditutup naik hampir 7 persen pada hari Kamis menjadi 408,65 dolar AS, harga yang belum pernah mereka catat sejak Juli.

Meyers dan keluarga tercatat memiliki 34,7 persen saham L'Oreal per Desember 2023.

Sementara itu, penurunan kekayaan bersih Walton sebesar 1,3 miliar dolar AS pada hari Kamis bertepatan dengan hari perdagangan yang buruk untuk saham Walmart, yang ditutup turun hampir 2 persen ke level 79,92 dolar AS.

Reli saham L'Oreal, yang memiliki pasar terbesar kedua di China, terjadi di tengah lonjakan saham mewah Eropa yang terekspos China setelah negara tersebut mengindikasikan akan meluncurkan paket stimulus ekonomi senilai ratusan miliar dolar.

Paket stimulus yang berkontribusi pada perdagangan L’Oreal yang kuat dan peningkatan kekayaan bersih Meyers mencakup potensi suntikan dana sebesar 142 miliar dolar AS untuk bank-bank negara yang bertujuan untuk membantu industri real estate China yang sedang berjuang dan pemerintah daerah yang kekurangan uang.

Bettencourt Meyers kembali menjadi perempuan terkaya di dunia tahun 2024 atau selama empat tahun berturut-turut. Dia merupakan wakil ketua perusahaan dan telah duduk di dewan direksi L'Oréal sejak tahun 1997.

Cucu dari pendiri L'Oréal, Eugène Schueller ini pertama kali muncul di jajaran orang terkaya dunia versi Forbes pada 2018 dengan kekayaan sekitar 42,2 miliar dolar AS. 

Dia mewarisi kekayaan dari sang ibu, Liliane Bettencourt yang meninggal dunia pada 2017. Sejak debutnya, harga saham perusahaan telah melonjak 150 persen dan kekayaannya meningkat lebih dari dua kali lipat.

L’Oréal merupakan salah satu perusahaan kosmetik dan kecantikan terbesar di dunia, dengan pendapatan 44 miliar dolar AS (41 miliar Euro) pada tahun 2023. Perusahaan memiliki tiga lusin merek produk kecantikan, termasuk Maybelline, Kiehl’s, dan Lancôme. 

Topik Menarik