RI Jadi Negara Maju di 2045, GDP per Kapita Ditargetkan Tembus Rp355 Juta 

RI Jadi Negara Maju di 2045, GDP per Kapita Ditargetkan Tembus Rp355 Juta 

Ekonomi | inews | Kamis, 12 September 2024 - 21:07
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan target Indonesia Emas 2045 menjadi visi besar bangsa dalam 20 tahun mendatang. Agar RI menjadi negara maju, maka perlu dilakukan pemerataan dan keadilan dalam pembangunan bangsa.

Jokowi menuturkan, untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, maka GDP per kapita harus mencapai 23.000 dolar AS atau setara Rp355 juta.

"Kemudian juga mewujudkan Indonesia emas di 2045, 20 tahun yang akan datang, target kita. Kita sudah mencapai GDP lebih dari 23.000 dolar AS per kapita " ujar Jokowi dalam Pengarahan Presiden kepada Pejabat TNI dan Polri di Istana Garuda IKN, Kamis (12/9/2024).

Mantan gubernur DKI Jakarta ini menuturkan, visi Indonesia Emas 2045 adalah tujuan besar demi kemajuan dan kemakmuran bangsa. Baginya, visi Indonesia emas 20245 adalah satu contoh cita-cita yang menjadi mimpi besar dari setiap pemimpin.

"Misalnya mewujudkan pembangunan Indonesia sentris dalam rangka pemerataan dan keadilan. Bukan hanya Jawa sentris, tapi Indonesia sentris," tuturnya.

Karena itu, Jokowi mengungkapkan setiap visi besar selalu memiliki tantangan dan resiko yang besar. Baginya, apabila menghadapi tantangan dan resiko tersebut, diperlukan pertaruhan dalam setiap keputusan yang besar.

"Dan dimana untuk menggapai itu tidak jarang kita mempertaruhkan banyak hal karena keputusan-keputusan besar apapun pasti ada resiko pasti ada tantangan," katanya. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan diperlukan strategi khusus untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Salah satunya, dengan mengembangkan mesin ekonomi baru. 

"Mengembangkan mesin ekonomi baru, termasuk teknologi digital, inisiatif ekonomi hijau, dan bioteknologi modern. Selain itu meningkatkan fokus pada ketahanan dan pemberdayaan sosial untuk memastikan keberlanjutan sosial-ekonomi," ucap Airlangga dalam Foreign Policy Community Indonesia (FPCI) CEO Forum 2024, Selasa (6/8/2024).

Topik Menarik