Pembangunan MRT Rute Tomang-Medan Satria Bakal Pakai Utang dari Jepang, Ini Skemanya

Pembangunan MRT Rute Tomang-Medan Satria Bakal Pakai Utang dari Jepang, Ini Skemanya

Ekonomi | inews | Kamis, 12 September 2024 - 10:10
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan membangun trase MRT Fase 1 tahap 1 Lintas Timur- Barat yang membentang sepanjang 24,5 km dari Tomang Jakarta Barat - Medan Satria Bekasi. Biaya pembangunan berasal dari pinjaman Japang.

Presiden Joko Widodo mengatakan pembangunan MRT telah mengubah wajah transportasi Jakarta dan Indonesia. Pihaknya pun ingin memperluas jaringan MRT agar semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati layanan ini.

"Kita ingin memperluas dan memperlebar jangkauan pembangunan, sehingga pada hari ini, moda MRT akan kita bangun lagi untuk MRT lin Timur-Barat fase 1 tahap 1 yaitu Medan Satria-Tomang," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (11/9/2024).

Pada tahap ini, Kementerian Perhubungan bertindak sebagai executing agency yang bertanggung jawab sebagai regulator dan pengawas dana hibah. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bertindak sebagai implementing agency yang bertanggung jawab mengawasi perkembangan pengadaan jasa konsultasi dan konstruksi.

Kemudian, PT MRT Jakarta (Perseroda) bertindak sebagai sub-implementing agency yang melakukan engineering design, laporan proyek, hingga pengoperasian dan pemeliharaan jalur.

Pendanaan proyek MRT Lin Timur-Barat Fase 1 Tahap 1 menggunakan skema co-financing Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Asian Development Bank (ADB). Proporsi pendanaan yang diterapkan ialah 49 persen pemerintah pusat melalui hibah (on granting) dan 51 persen oleh Pemprov DKI Jakarta melalui pinjaman (on lending).

Pinjaman tahap pertama bersumber dari JICA yang diterima pemerintah pusat, lalu diterushibahkan dan diteruspinjamkan kepada Pemprov DKI Jakarta.

Rencananya, jalur dan stasiun MRT Lin Timur-Barat Fase 1 Tahap 1 membentang dari Tomang, Grogol, Roxy, Petojo, Cideng, Thamrin, Kebon Sirih, Kwitang, Senen, Galur, Cempaka Baru, Sumur Batu, Pakulonan Barat, Pakulonan Timur, Perintis, Pulogadung, Penggilingan, Cakung Barat, Pulo Gebang, Ujung Menteng, hingga Medan Satria. Waktu tempuh yang ditargetkan untuk jalur tersebut adalah 45 menit.

Topik Menarik