Setahun Beroperasi, LRT Jabodebek Angkut 17,11 Juta Penumpang

Setahun Beroperasi, LRT Jabodebek Angkut 17,11 Juta Penumpang

Ekonomi | inews | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 10:27
share

JAKARTA, iNews.id - LRT Jabodebek resmi setahun beroperasi sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Stasiun Cawang pada 28 Agustus 2023. Dalam satu tahun ini, jumlah penumpang LRT Jabodebek mencapai total 17.112.903 orang.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono menuturkan, puncak jumlah pengguna tertinggi terjadi pada bulan Juli 2024 mencapai 2.027.272 pengguna.

"Dukungan masyarakat merupakan motivasi kami untuk terus memberikan yang terbaik, kata Mahendro dalam keterangan tertulis, Jumat (30/8/2024).

Sejak awal beroperasi, LRT Jabodebek meningkatkan sejumlah pelayanan, antara lain jam layanan diperpanjang dari kereta terakhir pukul 19.54 WIB menjadi pukul 22.55 WIB.

Mahendro menambahkan, hal ini dapat memberikan lebih banyak kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati transportasi yang aman dan nyaman.

Selain itu, frekuensi perjalanan LRT Jabodebek juga ditingkatkan dari mulanya 158 menjadi 358 perjalanan per hari saat hari kerja ( weekday ). Sementara, jarak waktu kedatangan antar kereta yang awalnya 20 menit kini dipersingkat menjadi 10 menit, baik untuk relasi Dukuh Atas-Jatimulya maupun Dukuh Atas-Harjamukti.

Untuk kenyamanan pengguna, LRT Jabodebek memperkenalkan berbagai fasilitas baru seperti air minum gratis di setiap stasiun, serta sistem Crowd Detection yang memungkinkan pengguna untuk memantau kepadatan kereta dan stasiun secara real-time .

Fasilitas ini dirancang untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan efisien. katanya.

LRT Jabodebek juga berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyediakan transportasi lanjutan seperti Biskita dan shuttle , yang memudahkan mobilisasi masyarakat.

LRT Jabodebek juga membagikan kopi gratis bagi pengguna setiap Senin secara bergiliran di stasiun-stasiun tertentu. Tak hanya itu, perusahaan juga mengadakan program edutrip untuk siswa dari TK hingga perguruan tinggi guna mengenalkan transportasi umum dan membiasakan generasi muda menggunakan transportasi publik.

"Kami tidak memungkiri bahwa perjalanan LRT Jabodebek selama satu tahun ini tidak lepas dari berbagai tantangan. Namun, dengan semangat untuk terus berbenah, kami berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan demi kenyamanan dan mobilitas masyarakat," tuturnya.

Topik Menarik