Pesawat yang Ditumpangi Kunto Aji Alami Kebocoran Avtur, Ini Penjelasan Bos Garuda

Pesawat yang Ditumpangi Kunto Aji Alami Kebocoran Avtur, Ini Penjelasan Bos Garuda

Ekonomi | inews | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 15:50
share

JAKARTA, iNews.id - Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra angkat suara terkait kebocoran avtur pada pesawat yang ditumpangi musisi Kunto Aji batal take off di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Dia menerangkan, penerbangan GA-174 rute Jakarta-Pekanbaru dengan jadwal keberangkatan hari ini, Sabtu (24/8/2024) pukul 11.50 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II pukul 13.35 WIB menggunakan armada PK-GFW

Menurutnya, temuan tersebut diketahui oleh Pilot in Command (PIC) pada saat sedang melakukan prosedur rutin verifikasi jumlah isian avtur di dalam pesawat sebagai bagian dari kesiapan akhir awak pesawat sebelum melakukan proses take off.

"Prosedur tersebut merupakan bagian dari manual tatalaksana safety sebelum pesawat lepas landas," ucap Irfan dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/8/2024).

Setelah mengetahui adanya temuan tersebut yang juga didukung oleh laporan visual dari salah satu penumpang, maka dengan mengedepankan fokus aspek keselamatan dan safety, PIC segera mengambil keputusan untuk pesawat Return to Apron (RTA) guna melakukan inspeksi secara menyeluruh terkait temuan indikasi tumpahan/luapan bahan bakar tersebut.

"Adapun saat ini para penumpang GA-174 yang berjumlah 135 orang, telah diterbangkan kembali dengan pesawat pengganti PK-GMM pada pukul 14.00 WIB dan dijadwalkan akan tiba pada pukul 15.45 WIB," tuturnya.

Musisi Kunto Aji membagikan video di X yang menayangkan terjadinya tumpahan di bagian sisi sayap pesawat yang dia tumpangi. (Foto: X @KuntoAjiW)
Musisi Kunto Aji membagikan video di X yang menayangkan terjadinya tumpahan di bagian sisi sayap pesawat yang dia tumpangi. (Foto: X @KuntoAjiW)

Sebelumya, musisi Kunto Aji membagikan sebuah video di media sosial X yang menggambarkan terjadi tumpahan di bagian sisi sayap pesawat.

Hal tersebut membuat pesawat batal untuk melakukan penerbangan atas pertimbangan keselamatan.

"Nyawa gw baru aja diselamatkan, Alhamdulillah masih ada umur ketahuan, puter balik gajadi terbang. Serem banget ini," cuit akun @KuntoAjiW.

Topik Menarik