Cara Buat Akun SSCASN CPNS 2024, Simak Selengkapnya

Cara Buat Akun SSCASN CPNS 2024, Simak Selengkapnya

Ekonomi | inews | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 07:24
share

JAKARTA, iNews.id - Cara buat akun SSCASN CPNS 2024 harus diketahui pelamar yang ingin mengikuti seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun ini. Adapun, pendaftaran telah dibuka mulai hari, Selasa (20/8/2024) dan akan ditutup pada Jumat (6/9/2024).

Pemerintah membuka 250.407 formasi CPNS pada seleksi CASN tahun 2024. Rinciannya, 114.706 formasi untuk instansi pusat dan 135.701 untuk instansi daerah.

Dalam waktu dekat, pemerintah juga akan membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk menuntaskan penataan tenaga non-ASN (honorer) yang masih dalam proses verifikasi.

Pendaftaran CPNS 2024 dilakukan melalui laman yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Untuk memulai tahapan pendaftaran, pelamar dapat mengakses ke link https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun .

Cara Buat Akun SSCASN CPNS 2024

Berikut tahapan cara membuat akun SSCASN pada seleksi CPNS 2024:

- Buka browser dan kunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id/
- Klik pilihan 'Buat Akun' yang ada di beranda
- Masukkan identitas diri sesuai instruksi yang muncul pada layar. Identitas yang diminta di antaranya Nomor Induk Kependudukan (sesuai KTP), nomor kartu keluarga, nama lengkap sesuai KTP, tempat lahir sesuai KTP, kab/kota (tempat KTP diterbitkan), nomor handphone aktif, email aktif (pribadi)
- Masukkan kode Captcha untuk melakukan verifikasi
- Klik 'Lanjutkan'
- Unggah foto sesuai syarat yakni dengan ukuran dokumen tidak lebih dari 200KB dengan format jpg atau jpeg
- Lengkapi foto dengan swafoto sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar
- Cek ulang data, pastikan sudah sudah sesuai
- Klik 'Proses Pendaftaran Akun'
- Cetak kartu informasi akun dengan menekan tombol yang tersedia

Setelah menyelesaikan pendaftaran akun SSCASN, pelamar dapat mengakses akun dengan login ke sscasn.bkn.go.id menggunakan alamat email dan kata sandi yang sudah didaftarkan. Setelah itu, pelamar bisa melanjutkan tahapan memilih intansi dan formasi yang sudah dipilih.

Itu tadi ulasan cara buat akun SSCASN CPNS 2024. Selamat mencoba!

Topik Menarik