Basuki Pesan ke Prabowo soal Subsidi Perumahan hingga Minta Turunkan Bunga Bank untuk Atasi Backlog

Basuki Pesan ke Prabowo soal Subsidi Perumahan hingga Minta Turunkan Bunga Bank untuk Atasi Backlog

Ekonomi | inews | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 21:33
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menitipkan pesan kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka terkait sektor perumahan. Menurutnya, saat ini angka backlog masih besar 12,7 juta.

Angka tersebut, kata Basuki, bisa diatasi dengan memperbaiki sisi supply alias ketersediaan yang kaitannya dengan harga rumah, maupun sisi demand alias masyarakat sebagai konsumen kaitannya dengan keterjangkauan.

"Mau tidak mau kita harus siapkan subsidi perumahan, atau memperbanyak subsidi perumahan (untuk atasi backlog)," ucap Basuki saat ditemui di Kantornya, Jumat (23/8/2024).

Basuki memberikan gambaran terkait penyerapan perumahan pada program satu juta rumah yang digagas pada periode Pemerintah Presiden Joko Widodo. Lewat program yang digagas sejak tahun 2015 itu, realisasi hingga tahun 2024 sudah mencapai sekitar 9,2 juta rumah.

Menurutnya percepatan penyerapan program rumah murah yang diberikan pemerintah menjadi stimulus optimalnya penyediaan hunian terjangkau di tengah masyarakat. Sebab saat ini masyarakat juga masih dihadapkan dengan tantangan daya beli, sehingga penyediaan rumah murah menjadi salah satu solusi mengentaskan backlog perumahan.

"Rumah (subsidi) dengan harga Rp144 - 160 juta itu daya belinya masih oke bangat," kata dia.

Selain penyediaan rumah subsidi, Basuki juga mendorong perbankan sebagai penyedia kredit perumahan untuk memberikan suku bunga yang lebih kompetitif untuk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Hal ini untuk meningkatkan keterjangkauan masyarakat dalam memiliki hunian.

Basuki menilai saat ini bunga KPR yang ditawarkan oleh bank negara masih cukup tinggi jika berada di angka 9 persen. Idealnya, dikatakan Basuki bunga KPR yang disediakan oleh bank Himbara berada di angka 5 persen.

"Itu yang kita kejar (menurunkan bunga KPR bank Himbara), makanya ini Bank Mandiri kasih bunga 9 persen, itukan masih mahal, padahal BCA kan 5 persen," ujar Basuki.

Topik Menarik