Jokowi Tegaskan Groundbreaking di IKN Terus Jalan usai HUT RI: Investor Antre

Jokowi Tegaskan Groundbreaking di IKN Terus Jalan usai HUT RI: Investor Antre

Ekonomi | inews | Rabu, 14 Agustus 2024 - 09:41
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan groundbreaking proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur akan terus berjalan. Bahkan, usai upacara HUT ke-79 RI.

Menurut Jokowi, pihaknya masih menyeleksi para investor yang mau masuk ke IKN. Sebab, mereka sampai dengan hari ini masih antre untuk masuk.

"Terus (groundbreaking), ini terus. Karena yang diseleksi dari LOI 472 itu terus oleh kepala otorita terus diseleksi, ada 10 langsung mulai. Antre, mereka antre, hanya tidak semua kan diberikan kesempatan untuk masuk sini, ucap Jokowi, Rabu (14/8/2024).

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan bahwa ada 472 investor yang telah mengajukan minat untuk berinvestasi di IKN. Namun, setelah melalui proses seleksi, sebanyak 220 investor dianggap serius dan layak untuk melanjutkan investasinya.

Proses seleksi penting dilakukan untuk memastikan bahwa hanya investor yang serius yang dapat berinvestasi di IKN. Presiden juga menjamin bahwa proses pengurusan Hak Guna Bangunan (HGB) akan sangat cepat, dengan target maksimal 11 hari setelah penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Jokowi mengatakan bahwa IKN siap melaksanakan upacara peringatan HUT ke 79 RI. Meski belum 100 persen, katanya, masih banyak hal-hal kecil yang perlu dicek lagi.

"Ya tidak 100 persen tapi sudah mendekati, masih ada hal kecil yang detil tadi disebut diulangi dicek lagi, sangat bagus," ujar dia.

Selain itu, kata Jokowi, pemerintah masih memprioritaskan investor lokal untuk bersama membangun IKN dibandingkan investor asing

"Kita ini yang lokal saja masih banyak, mestinya diprioritaskan yang domestik dulu," kata Jokowi.

Topik Menarik