IHSG Hari Ini Diproyeksi Bergerak Konsolidasi, Simak 6 Rekomendasi Saham Berikut

IHSG Hari Ini Diproyeksi Bergerak Konsolidasi, Simak 6 Rekomendasi Saham Berikut

Ekonomi | inews | Rabu, 18 September 2024 - 08:38
share

JAKARTA, iNews.id - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini diprediksi bergerak konsolidasi pada perdagangan, Rabu (18/9/2024). Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan menyebut, penguatan IHSG pada perdagangan Selasa (17/9/2024) ditopang oleh neraca perdagangan Indonesia yang kembali mencatatkan surplus sebesar 2,90 miliar dolar AS pada Agustus 2024. 

Surplus tersebut melanjutkan tren positif yang telah terjadi selama 52 bulan berturut-turut. Secara teknikal, terbentuk doji star yang tervalidasi dengan adanya pergerakan yang sideways pada slope MACD. 

“Sehingga, IHSG berpotensi konsolidasi pada rentang 7.800-7.850 hari ini,” ujar Valdy dalam risetnya, Rabu (18/9/2024).

Dari sentimen global, pasar akan menantikan rilis data inflasi Inggris yang diperkirakan akan turun tipis menjadi 2,10 persen dari 2,20 persen. Meskipun inflasi diperkirakan menurun, rilis data GDP minggu lalu menunjukan tanda-tanda pemulihan dengan pertumbuhan yang sedikit positif setelah sebelumnya mengalami kontraksi. 

Selain itu, Eropa juga akan merilis data inflasi yang diperkirakan turun ke 2,20 persen dari 2,60 persen.

Sementara dari dalam negeri, pasar akan menantikan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI). Pasar memperkirakan, BI masih akan mempertahankan suku bunga acuan di level 6,25 persen, sesuai dengan fokus BI dalam menstabilisasi nilai tukar rupiah pada kuartal ketiga. 

Selain itu, di hari yang sama akan merilis data pertumbuhan kredit, sebagai informasi pertumbuhan kredit pada bulan Juli berada pada level 12,50 persen melanjutkan tren pertumbuhan double digit sepanjang 2024. Pertumbuhan ini menunjukan menunjukkan demand kredit yang cukup masif dikala tingkat suku bunga tinggi.

Sejumlah saham direkomendasikan hari ini yaitu, PT Bank Jago Tbk (ARTO), PT Neo Commerce Tbk (BBYB), PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Astra Otoparts Tbk (AUTO). 

Topik Menarik