KA Logawa Relasi Purwokerto-Jember Resmi Gunakan Rangkaian Stainless Steel New Generation

KA Logawa Relasi Purwokerto-Jember Resmi Gunakan Rangkaian Stainless Steel New Generation

Ekonomi | purwokerto.inews.id | Rabu, 18 September 2024 - 10:10
share

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Rangkaian Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation relasi Purwokerto-Jember PP mulai dioperasikan KAI Daop 5 Purwokerto, Rabu (18/9/2024). Pengoperasian Kereta Api Logawa ekonomi New Generation ini disambut antusias para penumpang.

Al Faro, salah satu penumpang Kereta Api Logawa ekonomi New Generation mengatakan jika dirinya sudah sering naik menggunakan Kereta Api Logawa. Bahkan hampir setiap dua Minggu sekali ia berpergian menggunakan Kereta Api Logawa menuju Yogyakarta maupun Purwokerto.


KA Logawa Relasi Purwokerto-Jember Resmi Gunakan Rangkaian Stainless Steel New Generation. Foto: Arbi Anugrah

 

"Hampir setiap dua Minggu sekali kalau pulang ke Jogja - Purwokerto, jadi baguslah kalau ada peningkatan dari Logawa, karena sebelumnya keretanya lama banget, dan kalau yang sekarang sudah lebih bagus," kata Al Faro kepada wartawan, Rabu.

Menurut dia, rangkaian Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation ini salah satu rangkaian Kereta Api terbaru yang ada di Daop 5 Purwokerto. Ditambah banyaknya fasilitas terbaru yang melengkapi rangkaian Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation ini.

"Setelah naik benar bagus, sudah banyak juga kereta di aplikasi dan ini salah satu kereta api di Daop 5 yang baru juga. Fasilitasnya bagus, sudah kayak yang baru baru, hampir kayak ekskutif Taksaka juga yang baru, kursinya bagus, kamar mandinya juga bagus, kereta makannya juga sudah baru, jadi mantap buat KAI dan Logawa ada inovasinya," ungkapnya.

Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation relasi Purwokerto-Jember PP melayani penumpang setiap harinya dengan keberangkatan awal pukul 05.30 WIB dari Stasiun Purwokerto.

Sementara menurut Vice President KAI Daop 5 Purwokerto, Gun Gun Nugraha mengatakan jika rangkaian Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation relasi Purwokerto-Jember PP yang mulai dioperasikan Daop 5 Purwokerto ini terdiri dari 8 kereta ekonomi New Generation, 1 kereta makan dan 1 kereta pembangkit. Di mana setiap kereta di rangkaian KA Logawa Stainless Steel New Generation terdiri dari 72 tempat duduk (TD) dengan formasi 2-2, sehingga kereta ini memiliki total tempat duduk sebanyak 576.

"Dari sisi pelayanan sudah naik lebih baik, pertama tempat duduknya sudah tidak perlu lagi duduk tegak, dengan teknologi reclining, penumpang bisa mengatur sudut kemiringan kursi sesuai kebutuhan. Lalu jarak antara penumpang dan kaki lebih luas dengan arah hadap kursi juga dapat disesuaikan dengan arah laju KA," kata Gun Gun saat menjajal menaiki Kereta Api Logawa ekonomi Stainless Steel.

 

Gun Gun menambahkan, tak hanya perubahan kursi, KA Logawa Stainless Steel New Generation juga hadir dengan sejumlah fitur baru, diantaranya dilengkapi dengan pintu geser elektrik, informasi perjalanan KA elektrik di setiap keretanya serta tombol pintu otomatis. Selain itu tersedia juga fasilitas musala, kereta makan, toilet penumpang yang dilengkapi meja ganti popok bayi.

"Lalu dari sisi toilet yang didesain nyaman, kereta makannya pun difasilitasi untuk ruang ibadah, dengan tempat makan yang nyaman untuk dinikmati para pelanggan, serta kita memberikan dasboard digital informasi terkait perjalanan Kereta Api," jelasnya.

Selain itu, keunggulan Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation juga memiliki teknologi yang sudah ramah lingkungan. "Teknologinya luar biasa, ramah lingkungan, kereta pembangkitnya juga menggunakan biocell yang memang betul betul beradaptasi dengan Green Nation," ujarnya.

Gun Gun menambahkan, menilik dari kinerja Kereta Api Logawa selama dua tahun ke belakang menunjukkan trend yang sangat positif. Di mana untuk kelas bisnis pada tahun 2022, kereta ini telah membawa sebanyak 61.541 pelanggan, tahun 2023 sebanyak 97.034 pelanggan.

Sedangkan hingga hari terakhir Kereta Api Logawa dijalankan dengan rangkaian kelas bisnis pada Selasa (17/9), terdapat total sebanyak 69.997 pelanggan telah menggunakan kelas bisnis.

Sementara untuk kelas ekonomi, Kereta Api Logawa telah membawa sebanyak 140.042 pelanggan pada tahun 2022, tahun 2023 sebanyak 224.896 pelanggan dan pada tahun 2024 sebanyak 176.486 pelanggan telah menggunakan KA Logawa kelas ekonomi.

“Adapun tarif tiket KA Logawa Stainless Steel New Generation relasi Purwokerto-Jember PP mulai dari Rp290 ribu pada weekday atau Senin - Kamis, dan Rp320 ribu pada weekend atau Jumat - Minggu dan pada Hari Libur Nasional,” ujarnya.

Gun Gun menandai dioperasikannya KA Logawa Stainless Steel New Generation dengan melakukan sapa pelanggan sekaligus membagikan souvenir. “Hal ini sebagai bentuk loyalty program bagi pelanggan yang terus setia memilih transportasi KA sebagai pilihan utama dalam mobilitasnya,” terang Gun Gun.

Dia berharap, dengan perubahan rangkaian Kereta Api Logawa relasi Purwokerto-Jember PP menjadi Stainless Steel New Generation, KAI Daop 5 Purwokerto dapat terus berinovasi menghadirkan kenyamanan dan kemudahan bagi para pelanggan KA.

Topik Menarik