Kepala dan Wakil Otorita Mundur, Jokowi: Pembangunan IKN akan Terus Berlanjut

Kepala dan Wakil Otorita Mundur, Jokowi: Pembangunan IKN akan Terus Berlanjut

Ekonomi | inews | Selasa, 4 Juni 2024 - 08:14
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menerbitkan Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala OIKN. Ia pun menjamin pembangunan IKN akan terus berlanjut.

"Pembangunan IKN akan terus berlanjut sesuai visi bersama yang telah ditetapkan," tulis Jokowi dalam unggahnya dikutip dari akun X, Selasa (4/6/2024).

Jokowi lantas menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni
sebagai Plt Kepala dan Wakil Kepala OIKN untuk menjamin pembangunan IKN.

Harapannya, progres pembangunan IKN akan lebih cepat terlaksana dengan Plt yang dipilih tersebut.

"Akan menjalankan kewajiban sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala dan Wakil Kepala OIKN, hingga ditunjuknya Kepala dan Wakil Kepala OIKN definitif sesuai perundang-undangan, agar program-program percepatan pembangunan IKN tetap terjamin," tuturnya.

Sebagai informasi, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono dan Wakilnya Dhony Rahajoe mundur dari jabatannya. Hal itu disampaikan secara resmi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada hari ini Senin (3/6).

"Ini terkait dengan kepemimpinan di Otoritas IKN
Dibeberapa waktu yang lalu bapak presiden menerima surat pengunduran dari pak Dhony selaku wakil kepala Otoritas IKN," kata Pratikno dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta.

"Kemudian beberapa waktu berikutnya pak presiden juga menerima surat pengunduran diri dari bapak Bambang Susantono sebagai kepala Otoritas IKN," ucapnya.

Pratikno mengungkapkan bahwa Bambang Susantono mendapatkan tugas baru dari Presiden Jokowi usai mundur dari jabatannya sebagai Kepala Otorita IKN.

"Pak Bambang Susantono akan diberi penugasan baru, membantu langsung Bapak Presiden, untuk memperkuat kerjasama internasional bagi percepatan pembangunan IKN," kata Pratikno.

Topik Menarik