Beli LPG 3 Kg Pakai KTP Mulai Hari Ini, Transaksi Tercatat di Aplikasi

Beli LPG 3 Kg Pakai KTP Mulai Hari Ini, Transaksi Tercatat di Aplikasi

Ekonomi | inews | Sabtu, 1 Juni 2024 - 07:42
share

JAKARTA, iNews.id - PT Pertamina Patra Niaga melakukan pendataan pengguna elpiji subsidi untuk mendukung Transformasi Subsidi LPG 3 kg Tepat Sasaran. Untuk meningkatkan layanan pendataan dan integrasi data, pangkalan akan beralih dari pencatatan logbook manual ke digital melalui aplikasi berbasis website bernama Merchant Apps Pangkalan (MAP).

"Pencatatan transaksi LPG 3 kg secara digital melalui MAP mulai 1 Juni 2024, bagi yang belum daftar, kami persilahkan bawa KTP saat membeli LPG 3 kg di Pangkalan agar terdata. Bagi yang sudah daftar, dapat membeli seperti biasa dengan menunjukkan KTP," ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting dalam keterangannya dikutip, Sabtu (1/6/2024).

Melalui MAP, siapa saja dan berapa konsumsi LPG 3 kg per pengguna per bulan dapat dilihat lebih jelas, sehingga subsidi penyaluran LPG 3 kg lebih dapat dipertanggungjawabkan kepada pemerintah. Pangkalan mayoritas mengakses logbook manual melalui HP masing-masing.

Irto juga menegaskan, Pertamina Patra Niaga terus membuka pendaftaran pengguna LPG 3 kg di pangkalan. Konsumen cukup membawa KTP agar di catat oleh pangkalan melalui MAP Pertamina.

"Pendaftar sudah mencapai 44,8 juta per Mei ini dan masih terus kita buka. Pendataan ini dilaksanakan dalam rangka Subsidi Tepat, agar subsidi Pemerintah jelas siapa-siapa pengguna atau yang menikmatinya," tuturnya.

Pada tahun 2024, Pemerintah menetapkan kuota LPG 3 kg sebesar 8,03 juta Metrik Ton dan hingga April 2024 realisasi telah mencapai 2,69 juta Metrik Ton secara nasional.

Topik Menarik