Mimpi Besar DLU di Ulang Tahunnya ke-48

Mimpi Besar DLU di Ulang Tahunnya ke-48

Ekonomi | surabaya.inews.id | Sabtu, 18 Mei 2024 - 00:40
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Dharma Lautan Utama (DLU) memiliki impian besar untuk bangsa Indonesia. Impian tersebut yakni mewujudkan kapal pesiar untuk melayani pariwisata Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh CEO sekaligus Penasehat Utama PT DLU Bambang Haryo Soekartono (BHS) dalam perayaan HUT DLU ke 48 di Surabaya, Jumat (17/5/2024) malam. Kapal pesiar itu juga sebagai respon atas usulan Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi.

Menurut Bambang Haryo, jika nantinya DLU memiliki kapal pesiar maka warga Indonesia yang ingin pesiar tidak perlu harus ke luar negeri.

"Potensi Indonesia ini luar biasa. Dari potensi lautnya, potensi daratannya, pantainya, dan lain-lain. Jadi ini yang memang satu ide yang bagus dari pak menteri perhubungan untuk direalisasikan Indonesia," tegas BHS.

BHS melihat bahwa saat ini banyak masyarakat yang suka naik kapal sambil berpariwisata. Selain itu, banyak armada laut DLU yang sudah disesuaikan dengan kondisi kapal penumpang pariwisata.

"Mereka senang naik kapal sekarang karena rasanya seperti di kapal pesiar. Jadi kami sudah mengawali apa yang disarankan oleh pak menteri perhubungan," ujarnya.

Terkait harga kapal pesiar dari luar negeri yang relatif mahal, BHS menegaskan bahwa DLU siap berkompetisi dengan operator kapal pesiar internasional dan memberikan tarif yang lebih terjangkau.

"Karena kalau di dalam negeri untuk (kapal) pariwisata belum ada operator kapal pesiar," tegasnya.

Hanya saja, lanjut BHS, untuk mewujudkan wacana kapal pesiar lokal diperlukan konektivitas transportasi pariwisata antara darat dan laut.

"Jika konektivitasnya itu terealisasi maka para turis ketika turun dari kapal bisa menuju ke tempat wisata dengan transportasi publik massal," ucapnya.

"Konektivitas daratnya itu yang penting. Misalnya di Lombok, ada kapal pesiarnya tapi konektivitas darat lanjutannya itu belum ada. Ini yang juga terjadi di Lembar. Kita juga butuh konektivitasnya yang dilakukan oleh daerah," lanjutnya.

Sementara itu Direktur Utama PT DLU Erwin H Poedjono menjelaskan, bahwa pihaknya akan menggelar rapat untuk merealisasikan wacana Menhub. Kata dia, dorongan dan motivasi Menhub Budi Karya sangat dibutuhkan.

"Ini yang dibutuhkan pengusaha, kita butuhnya diberikan semangat," katanya.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi membayangkan ketika orang berlibur dengan kapal pesiar tidak perlu ke Singapura atau Eropa. Karena kapal pesiar merupakan suatu kebangaan bagi suatu negara.

"Kalau kita bisa melaksanakan, satu sisi kita memberikan satu layanan bagi masyarakat luar (turis) tetapi juga wisatawan nusantara dan Dharma Lautan Utama akan mendapat nama yang baik," tuturnya.

Menhub juga salut kepada DLU yang salama ini memberikan dedikasinya dalam layanan terbaik kepada penumpang kapal laut di Indonesia. Dan dia berharap dedikasi ini terus belanjut.

Di acara HUT DLU ke 48 ini juga diserahkan berbagai penghargaan ke mitra dan rekan kerja yang diserahkan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Direktur Utama PT DLU.

Topik Menarik