Cilacap dan 11 Kota Lainnya di Jateng Diprediksi Kena Megathrust, Begini Respons BMKG  

Cilacap dan 11 Kota Lainnya di Jateng Diprediksi Kena Megathrust, Begini Respons BMKG  

Terkini | cilacap.inews.id | Senin, 7 Oktober 2024 - 16:30
share

JAKARTA, iNewsCilacap.id -  Viral di media sosial yang menarasikan 12 kota yang diprediksi akan kena megathrust di Jawa Tengah (Jateng), diantaranya tertulis Kabupaten Cilacap. Merespons hal ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan informasi tersebut hoax atau tidak benar.

“Terkait beredarnya informasi tentang potensi Megathrust yang meresahkan masyarakat, BMKG menegaskan bahwa informasi tersebut bukan berasal dari BMKG dan tidak memiliki dasar ilmiah yang valid,” tulis BMKG lewat akun media sosial resminya @infobmkg, Senin (7/10/2024).

Sebagai lembaga resmi pemerintah yang bertugas memantau aktivitas gempa bumi dan memberikan peringatan dini tsunami, BMKG selalu menyampaikan informasi yang berdasarkan data ilmiah yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya pada informasi yang bersumber dari pihak-pihak yang tidak resmi dan tidak bertanggung jawab,” tegasnya.

BMKG pun menyarankan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang valid mengenai gempa bumi, tsunami, dan potensi bencana lainnya, selalu merujuk pada sumber resmi seperti website BMKG atau aplikasi mobile Info BMKG.

 

BMKG juga mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan mengikuti instruksi dari pemerintah setempat dalam penanganan bencana, namun tidak perlu panik terhadap berita yang belum jelas kebenarannya.

“Mari kita bersama-sama melawan penyebaran hoaks demi menjaga ketenangan dan keamanan masyarakat. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya,” tutupnya.

Topik Menarik