BP3MI Jabar Gandeng BP2MI Gaet PMI purna Pelatihan Kewirausahaan

BP3MI Jabar Gandeng BP2MI Gaet PMI purna Pelatihan Kewirausahaan

Terkini | cianjur.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 20:50
share

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI), BP3MI Jawa Barat bekerja sama dengan BP2MI menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan intensif selama empat hari di Kecamatan Cugenang.

Divisi Penempatan PMI Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI), Fredi Situmorang, mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk membekali para PMI purna dan keluarga mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memulai usaha mandiri.

"Tujuannya untuk membekali para PMI purna dan keluarganya," kata Fredi, Selasa (24/9/2024).

Fredi menyampaikan, bahwa penguasaan bahasa Inggris merupakan salah satu faktor penting bagi kesuksesan seorang PMI formal. 

"Keterampilan berbahasa ini tidak hanya membantu dalam berkomunikasi dengan rekan kerja di luar negeri, tetapi juga dapat membuka peluang kerja yang lebih baik," ujarnya.

Selain pelatihan kewirausahaan, peserta juga mendapatkan informasi penting dari Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Koperasi terkait prosedur penempatan PMI yang benar. Hal ini diharapkan dapat mencegah para calon PMI dari praktik penempatan ilegal dan melindungi hak-hak mereka.

Topik Menarik