Tangis Haru Warnai Pembacaan Surat Cinta Anak Ke Orangtua Saat Seminar Parenting SMP IT BIC

Tangis Haru Warnai Pembacaan Surat Cinta Anak Ke Orangtua Saat Seminar Parenting SMP IT BIC

Terkini | bondowoso.inews.id | Selasa, 1 Oktober 2024 - 16:10
share

Bondowoso, INewsBondowoso -  Beragam cara dilakukan untuk memberikan pemahaman parenting, salah satunya dengan menggelar seminar.

Sekolah SMP IT  Bina Insan Cemerlang Bondowoso menggelar seminar parenting dengan mengambil tema "Menjadi Idola Bagi Ananda".

Kegiatan ini digelar di  Aula Hotel Ijen View Bondowoso dengan mengundang trainer nasional Coach Feri Dwi Sampurno, S.AP.

Seminar parenting yang digelar rutin oleh pihak sekolah SMP IT ini menanggapi banyaknya fenomena anak yang menjadikan artis group band /girl group, dan boy group sebagai idola hingga sampai  tahap fanatik.

Hal tersebut sangat membahayakan dan mengkhawatirkan  siapapun khususnya para orangtua yang memiliki anak berusia remaja.

Pihak sekolah perlu memberikan pencerahan kepada anak - anak remaja atau anak didik terkait siapa yang seharusnya layak dijadikan panutan, teladan, dan idola sesungguhnya baik didalam rumah atau saat tidak berada dalam rumah.

Orangtua harus mampu menjadi role model bagi anaknya, karena anak-anak seringkali meniru perilaku orang tua baik secara sadar maupun tidak sehingga diperlukan adanya contoh yang baik dalam nilai, sikap, dan perilaku sehari-hari.

Kepribadian dan nilai-nilai yang terbentuk di masa remaja seringkali berakar dari pengaruh orang tua.

Dalam acara seminar ini Coach Feri Dwi Sampurno, S.AP menyampaikan bagaimana orangtua menjadi karakteristik idola yang baik untuk anak.

Hal yang harus dilakukan yaitu  Pertama, integritas yakni konsistensi antara kata dan perbuatan.

Kedua, kebaikan hati dan empati yakni anak menghargai orang tua yang peduli dan memahami perasaan mereka.

Ketiga, kedisiplinan dan tanggung jawab yakni menunjukkan nilai-nilai kerja keras dan kemandirian.

Keempat, komunikasi terbuka yakni membangun dialog yang positif dan jujur dengan anak.

“Berdasarkan penelitian, banyaknya penolakan anak kepada orang tua saat ini dikarenakan komunikasi dan hubungan yang buruk. Kita sebagai orang tua jangan terburu-buru menilai ketika anak bercerita. Coba hargai persepsi mereka sekalipun berbeda. Coba dengarkan dulu sebelum memberikan nasehat”, ungkap Coach Feri.

Coach Feri  menambahkan, apabila anak  banyak meniru kebaikan orangtua maka itulah yang dinamakan berkah.


Sesi pamungkas dari seminar parenting ini adalah  seluruh orang tua siswa SMP IT  Bina Insan Cemerlang  membaca sepucuk surat yang dituliskan oleh masing-masing anak saat kegiatan parenting berlangsung.

Tampak isak tangis, haru, dan senyuman saat semua orang tua membaca surat cinta dan isi hati dari anak-anak mereka.

Bunda Ainul, wali murid kelas 7 SMP IT BIC menyampaikan kesan dan pesannya jika a acara ini sangat bermanfaat untuk menambah ilmu sebagai orangtua.

“Menurut saya luar biasa sekali agenda parenting kali ini, apalagi mengundang Coach Feri yang tidak hanya paham teori saja tapi secara pengalaman juga ada. Dan kami sebagai orang tua juga terbantu untuk berbenah menjadi idola bagi anak-anak kami yang insyaAllah menjadi sholih dan sholihah”, pungkasnya.

Kegiatan ini akan rutin dilakukan dan digelar pihak sekolah. 

Topik Menarik