General Motors bakal PHK 1.695 Karyawan di Pabrik Kansas, Ini Alasannya

General Motors bakal PHK 1.695 Karyawan di Pabrik Kansas, Ini Alasannya

Berita Utama | inews | Minggu, 22 September 2024 - 14:50
share

KANSAS, iNews.id - General Motors (GM) akan memberhentikan 1.695 karyawan di pabrik Fairfax Assembly di Kansas, Amerika Serikat (AS). Pengumuman ini disampaikan dalam Pemberitahuan Penyesuaian dan Pelatihan Ulang Pekerja pada awal minggu ini.

Mengutip Reuters, seorang Juru Bicara GM mengatakan bahwa PHK akan dilakukan sebanyak dua putaran. Pada putaran pertama pemangkasan karyawan dimulai pada 18 November yang akan memengaruhi 686 pekerja penuh waktu dan memberhentikan 250 karyawan kontrak.

Adapun tahap kedua akan dimulai pada 12 Januari 2025 dengan 759 pekerja penuh waktu akan diberhentikan sementara.

"Seperti yang diumumkan sebelumnya pada bulan Mei, GM menginvestasikan sekitar 390 juta dolar AS di Pabrik Perakitan Fairfax kami untuk menambah produksi Chevrolet Bolt EV baru," ujar juru bicara GM dalam sebuah pernyataan kepada Reuters dikutip, Minggu (22/9/2024).

Juru bicara GM menambahkan, guna memfasilitasi pemasangan perkakas baru, karyawan akan dirumahkan sementara hingga produksi kembali dilanjutkan pada pertengahan tahun 2025 mendatang. 

Pada bulan Mei, GM menyampaikan akan menghentikan produksi Cadillac XT4 setelah Januari 2025 di Kansas dan berdampak pada PHK karyawan produksi hingga produksi dilanjutkan pada akhir tahun 2025 untuk Bolt EV dan XT4 pada jalur perakitan yang sama.

Selain itu, pada bulan Agustus, GM juga memberhentikan lebih dari 1.000 karyawan tetap di seluruh dunia di seluruh unit perangkat lunak dan layanannya.

Topik Menarik