Deretan Pengacara Terkaya di Dunia, Ada Mantan Istri Pendiri Google

Deretan Pengacara Terkaya di Dunia, Ada Mantan Istri Pendiri Google

Berita Utama | inews | Jum'at, 13 September 2024 - 06:05
share

JAKARTA, iNews.id - Pengacara dikenal di seluruh penjuru dunia karena mengenakan biaya yang cukup tinggi untuk menangani suatu kasus. Profesi tersebut memiliki keahlian khusus dalam bidang hukum.

Pengacara memberikan jasa hukum kepada individu, perusahaan, atau organisasi dalam berbagai hal yang berkaitan dengan hukum. Tetapi, seberapa kaya beberapa pengacara yang paling sukses, kontroversial, dan terkenal di dunia?

Mengutip SCMP , terdapat sejumlah pengacara yang diketahui memiliki kekayaan yang fantastis, mulai dari pengacara selebriti Hollywood dan maestro Asia Tenggara, hingga legenda hukum yang telah dicabut izinnya. Bahkan beberapa pengacara terkaya di dunia dapat menyaingi Tinseltown dan Silicon Valley.

Deretan Pengacara Terkaya di Dunia

Berikut daftar pengacara terkaya di dunia:

1. Jerry Reinsdorf

Jerry diperkirakan memiliki kekayaan bersih 2 miliar dolar AS atau setara Rp30,84 triliun selama berkarier sebagai pengacara. Namun, dia paling dikenal sebagai pemilik olahraga profesional Chicago White Sox MLB dan Chicago Bulls NBA, memimpin kedua tim tersebut selama lebih dari 35 tahun.

Bersama investor lain, Reinsdorf membeli saham pengendali di Chicago Bulls NBA seharga 9,2 juta dolar AS pada tahun 1985, setahun setelah Michael Jordan bergabung.

2. Wichai Thongtang

Pengacara perusahaan Thailand ini pernah melayani sejumlah klien terkenal seperti mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra. Saat ini, dia merupakan investor yang meraup banyak uang dari kepemilikan minoritasnya di Bangkok Dusit Medical Services. Kekayaan bersihnya ditaksir mencapai 1,8 miliar dolar AS atau setara Rp27,75 triliun.

3. Richard Scruggs

Nama Richard mulai dikenal setelah berhasil mengambil tindakan hukum terhadap industri asbes atas nama pekerja galangan kapal yang sakit. Namun, karier hukumnya berakhir tiba-tiba pada tahun 2007 ketika dia mengaku bersalah dalam skema penyuapan, yang membuatnya dijatuhi hukuman lima tahun penjara. Kekayaan bersihnya tercatat mencapai 1,7 miliar dolar AS atau setara Rp26,21 triliun.

4. Nicole Shanahan

Shanahan merupakan pengacara sekaligus politikus yang pernah ditunjuk sebagai calon wakil presiden Robert F. Kennedy Jr untuk maju dalam Pemilu Presiden Amerika Serikat (AS) 2024. Namun, pencalonan ini batal setelah Robert F Kennedy Jr mendukung Donald Trump.

Shanahan memang telah dikenal sukses di dunia pengacara. Perceraiannya dengan salah satu pendiri Google, Sergey Brin mengubahnya menjadi seorang miliarder. Kekayaan bersihnya diperkirakan menyentuh 1 miliar dolar AS atau setara Rp15,42 triliun

5. William Lerach

William Lerach pernah memenangkan gugatan sebesar 7,2 miliar dolar AS sebagai pengacara penggugat utama melawan perusahaan energi Enron. Hal ini sekaligus menjadi kasus sekuritas class action terbesar dalam sejarah AS.

Namun, pada 2007 dia tertimpa masalah setelah mengaku bersalah atas penghalangan keadilan dan dijatuhi hukuman dua tahun penjara. Dia kemudian dicabut izin praktiknya pada tahun 2009. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai 900 juta dolar AS atau setara Rp13,87 triliun.

Topik Menarik