Virus Baru Ditemukan di China, Bisa Sebabkan Penyakit Serius pada Manusia

Virus Baru Ditemukan di China, Bisa Sebabkan Penyakit Serius pada Manusia

Berita Utama | okezone | Senin, 9 September 2024 - 00:30
share

VIRUS baru bernama Wetlands Virus (WELV) ditemukan di China dan diduga menyebar melalui gigitan kutu. Virus ini pertama kali terdeteksi pada Juni 2019 pada seorang pria berusia 61 tahun di Jinzhou yang jatuh sakit setelah digigit kutu di lahan basah Mongolia Dalam.

Menurut laporan The New England Journal of Medicine, Senin (9/9/2024) pasien mengalami demam, sakit kepala, dan muntah-muntah yang tidak bisa diobati dengan antibiotik. WELV termasuk dalam kelompok virus yang ditularkan melalui kutu, mirip dengan virus demam berdarah Krimea-Kongo yang bisa menyebabkan penyakit serius pada manusia.

Para peneliti mengumpulkan sekitar 14.600 kutu di Tiongkok utara dan menemukan bahwa dua persen di antaranya mengandung virus WELV, terutama dari spesies Haemaphysalis concinna. Virus ini juga ditemukan pada hewan seperti domba, kuda, babi, dan tikus Transbaikal zokor.

Dampak pada Manusia

Berdasarkan rangkuman NDTVWorld, Senin (9/9/2024) infeksi pada manusia bervariasi, dari demam, pusing, sakit kepala, hingga mual dan diare. Dalam beberapa kasus, virus ini bisa menyebabkan infeksi berat.

Salah satu pasien bahkan mengalami koma akibat infeksi di bagian otaknya. Secara keseluruhan, 20 orang terdeteksi positif WELV setelah digigit kutu, sementara antibodi virus ini ditemukan pada 12 dari 640 penjaga hutan yang diuji.

Risiko yang Perlu Diwaspadai

Meski semua pasien sembuh setelah mendapat perawatan, penelitian pada tikus menunjukkan WELV bisa menyebabkan infeksi mematikan dan mengganggu sistem saraf. Ini menunjukkan bahwa meskipun gejalanya ringan pada beberapa kasus, virus ini bisa menimbulkan risiko kesehatan yang serius, terutama yang berhubungan dengan otak.

Penemuan WELV ini menambah daftar panjang virus yang ditularkan melalui gigitan kutu, dan menjadi peringatan untuk terus memantau dan

Topik Menarik