IKN Butuh 20-30 Tahun untuk Jadi Kota, Ridwan Kamil: Jakarta Tetap Pusat Segalanya

IKN Butuh 20-30 Tahun untuk Jadi Kota, Ridwan Kamil: Jakarta Tetap Pusat Segalanya

Berita Utama | okezone | Senin, 2 September 2024 - 15:40
share

JAKARTA - Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta sekaligus Kurator Ibu Kota Nusantara (IKN), Ridwan Kamil menyebut bahwa perlu waktu 20-30 tahun untuk membuat kota Nusantara di Kalimantan Timur. Ia menilai Jakarta akan tetap jadi pusat ekonomi dan pusat segalanya meski status Ibu Kota pindah. 

"Syarat kedua, ekonomi kita harus minimal 5. Nah, pusat ekonomi kita tetap Jakarta. Saya ini kurator di IKN. Untuk menjadi kota, Nusantara di Kalimantan itu butuh 20-30 tahun. Jadi, Jakarta tetap tidak akan tergantikan sebagai pusat segalanya," kata Ridwan Kamil dalam diskusi di Markas TKN Fanta, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (2/9/2024).

RK yang maju bersama Suswono menyebut bahwa perekonomian tetap di Jakarta, hanya saja akan dinaikkan statusnya menjadi Jakarta Kota Global.

"Nah, jadi ekonomi tetap ada di Jakarta. Cuma kita naikkan statusnya jadi kota global. Nah, pasangan Rido ini tentunya punya cara untuk memberikan solusi 5 tahun ke depan," ujarnya.

Eks Gubernur Jawa Barat itu menekankan slogan yang dipakai yakni ‘Jakarta Baru Menuju Jakarta Maju’.

"Slogannya itu adalah Jakarta baru, karema sudah tidak lagi Ibu Kota kan? Mari kita bersepakat ini Jakarta mau seperti apa ya? Kalau dulu tidak ada taman pet park misalkan, di Jakarta baru tidak hanya manusia, tapi hak asasi hewan juga kita hadirkan. Nah, itu contoh Jakarta baru kira-kira. Nah, kemudian menuju Jakarta maju. Karena kita mau lompat kepada yang namanya kota global. Kalau kota global kan artinya pergaulannya harus dunia," ujarnya.

Topik Menarik