AJP 2024, Polytama Tanamkan Sinergi Bersama Rekan Media dan Pertamina

AJP 2024, Polytama Tanamkan Sinergi Bersama Rekan Media dan Pertamina

Berita Utama | indramayu.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 15:10
share

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - PT Polytama Propindo (Polytama) menerima kunjungan dari rombongan puluhan rekan media nasional Jakarta serta tim media communications PT Pertamina (Persero) dan Pertamina New & Renewable Energy (PNRE) yang dalam hal ini sebagai fasilitator. 

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan “Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) Tahun 2024”. Polytama terpilih menjadi salah satu tuan rumah yang disambangi peserta kegiatan. 

Pada kegiatan ini Polytama mengajak tamu undangan untuk dapat mengenalkan proses bisnis di Polytama, salah satunya melalui tinjauan langsung ke area operasional Polytama di Balongan, Indramayu. 

Dalam kunjungan ini Polytama menunjukkan produk resin polipropilena (PP) unggulannya dengan merek dagang Masplene.

Para jurnalis ini mendapatkan pemaparan yang komprehensif, mencakup keunggulan produk PP, kontribusi perusahaan terhadap keberlanjutan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), serta upaya untuk meluruskan berbagai miskonsepsi yang kerap kali disematkan pada Polytama sebagai perusahaan produsen plastik.

 

Plastik PP memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari jenis plastik lainnya. Melalui kunjugan media ini diharapkan menjadi wadah yang tepat sebagai edukasi untuk meningkatkan kesadaran terhadap masyarakat.

Harapannya dapat membedakan plastik ramah lingkungan dengan mudah, yakni bertanda simbol segitiga dengan kode plastik 5, dengan akhir produk nya seperti contoh kemasan makanan dan minuman, karung plastik, peralatan rumah tangga dari plastik, tas belanja spunbond, plastik film laundry, karpet, masker, APD hingga part otomotif dan elektronik. 

Polytama sendiri telah memperoleh kualifikasi Tanda Sah Capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia untuk produk-produknya dengan nilai 81,83 persen.

PP adalah jenis plastik yang direkomendasikan untuk kemasan makanan karena tidak mengandung zat kimia beracun. Selain itu, PP dapat digunakan berulang kali, menjadikannya material yang lebih mendukung aspek keberlanjutan.

 

Dukungan terhadap kegiatan tersebut disampaikan oleh Commercial & Support Director Polytama, Dwinanto Kurniawan.

 “Kami siap memberikan dukungan terhadap rangkaian kegiatan AJP dan segenap insan media dalam perannya sebagai jembatan informasi antara perusahaan dan segenap masyarakat yang memberikan informasi yang akurat dan edukatif,” kata Dwinanto, Rabu (2/10/2024).

Dwinanto juga berharap dukungan insan media terhadap kelancaran proyek ekspansi Polytama “Polypropylene Plant Balongan” atau “PPB” yang bertujuan mengurangi kebutuhan polipropilena Tanah Air yang saat ini masih didominasi oleh impor. 

“Kami juga mohon dukungan dan doanya agar proyek ekspansi PPB dapat berjalan lancar dan dapat memberikan kontribusi dalam memajukan industri petrokimia Tanah Air dan mengurangi ketergantungan impor PP,” ujar Dwinanto.

 

Menurutnya, untuk mendukung kemandirian sektor petrokimia, Polytama akan meningkatkan kapasitas perusahaan hingga dua kali lipat pada 2027 atau menjadi 600.000 ton per tahun dari yang sebelumnya 300.000 ton per tahun melalui proyek Polypropylene Plant Balongan, di mana Pertamina dan TubanPetro dalam hal ini sebagai project sponsor utama.

Dalam kunjungan kali ini, para jurnalis berkesempatan melihat langsung proses produksi Polytama mulai dari bahan baku gas propilena hingga menjadi resin polipropilena yang siap dikirimkan ke pelanggan Polytama. 

AJP merupakan ajang jurnalistik tahunan yang diselenggarakan Pertamina sebagi apresiasi untuk insan media di seluruh Indonesia yang telah membuat karya jurnalistik berkualitas bagi publik.

AJP juga melibatkan seluruh anak usaha yang tergabung ke dalam Pertamina Group, di mana partisipasi Polytama dalam hal ini turut menjadi bagian dari Pertamina Group melalui PT Tuban Petrochemical Industries selaku pemegang saham Polytama. 

 

“Terima kasih kepada Pertamina yang mengundang kami untuk dapat turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kami sangat mengapresiasi kesempatan yang diberikan dan harapannya dari kegiatan yang telah berlangsung ini dapat menjadi awal dari sinergi kuat antara Polytama, Pertamina, PNRE dan segenap insan media,” katanya.

Mengangkat tema “Energizing The Acceleration” AJP tahun 2024 mengajak insan media untuk mengangkat informasi kepada masyarakat mengenai hal-hal yang berkaitan dengan menjaga ketahanan energi nasional, mendorong transisi energi, mengoptimalkan energi baru terbarukan, melaksanakan program keberlanjutan dan program ESG. (*)

Topik Menarik