12 Rusun PNS di IKN Siap Dihuni, Begini Penampakan Kamarnya

12 Rusun PNS di IKN Siap Dihuni, Begini Penampakan Kamarnya

Berita Utama | okezone | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 07:20
share

KALIMANTAN TIMUR - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan bahwa 12 tower rusun Aparatur Sipil Negara (ASN) IKN sudah bisa digunakan pada 17 Agustus 202. Targetnya hingga akhir tahun tower ASN akan rampung sebanyak 47 tower.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN (Ibu Kota Nusantara) Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, 12 Rusun ASN disiapkan untuk mengakomodir pemindahan ASN pada tahap awal yang ditargetkan berlangsung mulai bulan September.

"Ini semua dari 47 itu ada 12 tower yang sudah selesai, 1 tower terdiri dari 12 lantai, secara rerata 1 lantai terdiri dari 5 unit apartemen," ujar Danis di IKN, Sabtu (10/8/2024).

 

Jika melihat lebih dalam, 1 unit apartemen itu terdiri dari ruang kerja, ruang keluarga, ruang tidur anak, ruang makan, dan ruang tidur utama. Unit apartemen tersebut juga dilengkapi oleh 2 kamar mandi, 1 berada di dalam kamar tidur utama, dan 1 lagi berada diluar.

Setiap 1 unit apartemen tersebut nantinya sudah dilengkapi oleh 1 kamar utama dan 2 kamar anak-anak yang berukuran lebih kecil dari kamar utama yang sudah fully furnished. Mulai dari TV, kipas angin, AC, satu buah mesin cuci, kulkas, hingga sofa yang berada di ruang keluarga. Namun demikian, kelengkapan apartemen tersebut tidak disertai dengan alat masak dan alat makan.

Danis menjelaskan, 1 unit apartemen memiliki total 12 lantai, sedangkan untuk pemanfaatan hunian baru berada di lantai 2 keatas. Lantai 1 dan 2 akan digunakan untuk penyediaan klinik, apotek, ruang olahraga, ruang paud, dan lainnya yang bukan bersifat hunian.

Selain itu, Danis juga memastikan air yang disalurkan ke setiap unit apartemen itu juga bisa langsung diminum dari keran. Hal itu karena pemanfaatan filtrasi air dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA).

 
Topik Menarik