Awas Macet! Ini Rute Kirab Bendera Merah Putih dari Monas ke Halim Perdana Kusuma

Awas Macet! Ini Rute Kirab Bendera Merah Putih dari Monas ke Halim Perdana Kusuma

Berita Utama | okezone | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 07:40
share

 

JAKARTA - Kirab bendera Merah Putih berlangsung hari ini, Sabtu (10/8/2024). Bendera Merah Putih ini akan dikirab dari Monumen Nasional (Monas) menuju Halim Perdana Kusuma dan setelahnya sang saka Merah Putih akan diterbangkan langsung ke IKN jelang upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 nanti.

Kepala Sekretariat Presiden (KSP) Heru Budi Hartono, mengatakan, prosesi ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-79 RI sekaligus simbol kebersamaan dan sinergi antara DKI Jakarta dan IKN Nusantara.

“Kami melibatkan semua organisasi pemerintah provinsi DKI Jakarta masyarakat juga turut serta di titik-titik tertentu di Bundaran HI Cawang mewujudkan kemeriahan dari Kirab,” katanya.

Dari akun X @TMCPoldaMetro, adapun rute iring-iringan kirab bendera Merah Putih yang akan dilakukan hari ini yakni mulai dari Monas, Patung Kuda, Thamrin, Jalan Sudirman, Jalan Gatot Subroto S.d Bandara Halim Perdana Kusuma.

 

Acara kirab bendera Merah Putih ini pun merupakan prosesi dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan kirab bendera Merah Putih dari Monas menuju IKN ini turut dimaknai sebagai simbol kebersamaan antara DKI Jakarta dan IKN.

“Sabtu, 10 Agustus 2024, pukul 08.00 WIB akan dilaksanakan kirab bendera Merah Putih dan teks proklamasi dari Monumen Nasional, Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Prosesi ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkap Yusuf dalam keterangan resminya, Jumat (9/8/2024).

Prosesi kirab akan diawali dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi yang ada di Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional dari Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Tim Purna Paskibraka. 
 

Topik Menarik