Maju Pilgub Jabar, Ilham Habibie Tegaskan Siap Hadapi Dunia Politik

Maju Pilgub Jabar, Ilham Habibie Tegaskan Siap Hadapi Dunia Politik

Berita Utama | inews | Jum'at, 9 Agustus 2024 - 00:15
share

JAKARTA, iNews.id - Putra sulung Presiden ke- 3 BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie mengaku siap bertarung di kancah perpolitikan. Dia yang telah mendapat dukungan dari partai Nasdem akan bertarung di Pilgub Jawa Barat (Jabar).

"Saya kira harus siap, jadi memang kita harus siap dengan itu (dunia politik),” ujar Ilham Habibie dalam tayangan iNews TV, Jumat (9/8/2024).

Meski bukan politikus murni, Ilham Habibie mengaku tak khawatir maju dalam dunia politik. Pria dengan latar belakang pendidikan sebagai sarjana teknik itu mengaku punya cara tersendiri.

"Kalau ada yang mau kritik silahkan. Tapi kalau memang kita berbuat salah dan tidak legal ya memang kita harus dihukum," ujarnya.

Dia membeberkan ada dua alasan yang membuatnya tertarik terjun dalam Pilgub Jabar. Ia mengaku alasan pertama karena dirinya merasa punya kelekatan emosional dengan Provinsi Jabar. Sebab sejak memutuskan kembali ke Indonesia setelah lama tinggal di luar Negeri wilayah yang dia pilih memang Bandung, Jabar.

“Ada hubungan emosional attachment, saya punya kedekatan dengan Jawa Barat dan Bandung,” kata Ilham Habibie.

Kedua, menurutnya Jabar memiliki peranan khusus dalam rencana menjadi negara maju atau Indonesia emas. Dia menyebut, untuk menjadi negara maju suatu negara perlu memiliki industri yang kuat dan maju.

“Lebih dari 55 persen industri kita di Indonesia di 38 Provinsi satu Provinsi megang lebih dari 50 persen di Jawa Barat,” ucapnya.

Dia menambahkan, secara pribadi dirinya merasa sudah memiliki pengalaman yang cukup baik untuk memimpin Jabar  yang menjadi Provinsi nomor satu soal industri.

“Nah saya merasa saya punya latar belakang yang terkait dengan industri. Saya Insinyur, saya punya usaha yang terkait di bidang industri, saya pernah menjadi profesional industri baik di Indonesia dan luar negeri, jadi saya punya pengalaman,” katanya.

Sebelumnya, Ilham Habibie juga telah melakukan sowan ke Markas DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024). Belum ada sikap resmi PKS terkait Pilgub Jabar.

Topik Menarik