5 Fakta Pria di Batam Bakar Vihara dan Serang Penjaga, Motifnya Terungkap

5 Fakta Pria di Batam Bakar Vihara dan Serang Penjaga, Motifnya Terungkap

Berita Utama | okezone | Jum'at, 9 Agustus 2024 - 05:40
share

BATAM - Haryanto, warga Sagulung, Batam ditangkap polisi usai melakukanperusakandan pembakaran di Vihara Dharma Murni. Aksi pria itu terekam CCTV. Pelaku Haryanto membakar patung dan ornamen vihara menggunakan BBM jenis pertalite yang sudah disiapkannya. Selain itu, pelakujuga membawa senjata tajam berupa dua buah parang dan pisau.

Berikut sejumlah faktanya:

1. Dilakukan Dini Hari

Dari rekaman CCTV, tampak Haryanto masuk ke dalam vihara pada Kamis (8/8/2024) dini hari dan langsung melakukan pembakaran. Tak hanya membakar, pelaku juga merusak sejumlah peralatan di tempat ibadah warga Tionghoa ini.

2. Bawa Pisau dan Parang

Saat hendak diamankan, pelaku Haryanto bahkan mengejar penjaga vihara dengan mengggunakan pisau dan parang.

3. Dilakukan Secara Sadar
Kapolresta Barelang Kombes Pol Heribertus Ompusunggu mengatakan, dari penyidikan sementara, pelaku diketahui melakukan aksinya dalam kondisi sadar dan menyebutkan jika tempat ibadah vihara tidak sesuai dengan akidahnya.

4. Keterangan Penjara Vihara

Sementara itu, Beng Yap, penjaga Vihara Dharma Murni mengaku kaget saat tiba-tiba pelaku masuk dalam lingkungan vihara dengan cara melompat pagar. Pelaku masuk dengan menyandang tas punggung dan memegang dua belah parang dengan menggunakan pakaian jubah dengan menutup kepala, sehingga yang terlihat hanya mata saja.

5. Pelaku Beraksi Sambil Berteriak
Dengan membabi buta, pelaku menghancurkan dan membakar sarana ibadah vihara sambil berteriak teriak. Bahkan, pelaku Hardiyanto mencoba melukai Beng Yap yang juga berusaha menghalangi pelaku, namun pelaku malah mengejar korban sambil melempar pisau.

Saat ini, polisi masih mendalami peristiwa perusakan dan pembakaran tempat ibadah itu. Sementara pelaku Hardiaynto diperiksa secara intensif di Mapolresta Barelang.

Topik Menarik