Serangan Drone Houthi Hantam Tel Aviv, 1 Tewas dan 10 Terluka

Serangan Drone Houthi Hantam Tel Aviv, 1 Tewas dan 10 Terluka

Berita Utama | okezone | Jum'at, 19 Juli 2024 - 17:52
share

TEL AVIV – Polisi setempat di Tel Aviv mengatakan ledakan pada Jumat (19/7/2024) terjadi sekitar pukul 3:10 pagi (waktu Tel Aviv) yang bergema ke kota-kota terdekat. Ledakan akibat serangan drone ini menewaskan 1 orang dan melukai sedikitnya 10 orang. Komandan Distrik Tel Aviv Peretz Amar mengatakan petugas tidak dapat menemukan titik kontak karena kemungkinan ledakan terjadi di udara.

“Kekuatan ledakan menimbulkan kerusakan yang tidak besar namun tersebar di wilayah yang luas. Saat ini kami belum mengetahui benda apa itu,” terangnya.

Pemberontak Houthi Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan pesawat tak berawak atau drone di pagi hari yang menghantam bagian tengah Tel Aviv dekat Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS).

Serangan udara bergemuruh di jalan-jalan menyebabkan pecahan peluru berjatuhan dan menyebarkan pecahan kaca dalam radius yang luas. Kelompok Houthi telah berulang kali meluncurkan drone dan rudal ke arah Israel selama perang yang berlangsung selama sembilan bulan, sebagai bentuk solidaritas dengan rakyat Palestina dan melawan Israel. Namun hingga Jumat (19/7/2024), semuanya dicegat oleh Israel atau sekutu Barat dengan pasukan yang ditempatkan di wilayah tersebut.

Israel diketahui memiliki sistem pertahanan udara berlapis, yang mampu mencegat ancaman mulai dari rudal balistik jarak jauh hingga drone dan rudal jarak pendek. Sistem ini telah mencegat ribuan proyektil sepanjang perang. Namun para pejabat memperingatkan bahwa sistem tersebut tidak 100 persen efektif, dan sistem tersebut tampaknya kesulitan melawan serangan drone yang kecil dan sulit dideteksi. Tidak diketahui sistem mana yang digunakan.

Topik Menarik