Heboh Fenomena Mabuk Kecubung di Kalsel, 2 Orang Meninggal 47 Dirawat di RS Jiwa

Heboh Fenomena Mabuk Kecubung di Kalsel, 2 Orang Meninggal 47 Dirawat di RS Jiwa

Berita Utama | inews | Jum'at, 12 Juli 2024 - 13:50
share

BANJAR, iNews.id - Fenomena mabuk kecubung marak dalam beberapa hari terakhir yang menghebohkan warga Kalimantan Selatan (Kalsel). Dampaknya tak main-main, dua orang tewas dan 47 orang dirawat di rumah sakit jiwa hingga Jumat (12/7/2024).

Informasi diperoleh iNews, para pasien ini terbanya terbanyak dari Kota Banjarmasin sebanyak 26 orang. Kemudian Banjarbaru 3 orang, Banjar 7 orang, Hulu Sungai Selatan 1 orang, Kapuas 3 orang, Batola 6 orang dan Kota Baru 1 orang. Para pasien yang rata-rata berusia remaja tersebut kini masih dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Dalam video viral di media sosial banyak rekaman menayangkan para remaja di Kalsel berperilaku aneh akibat mengonsumsi kecubung, seperti masuk di rawa-rawa, tidur di jalan dan duduk sempoyongan seperti mabuk hingga kerasukan. 

Kasi Humas dan Informasi RSJ Sambang Lihum Budi Harmanto mengatakan, kebanyakan kondisi pasien saat ini masih belum dapat diajak bicara. Untuk jumlahnya sempat ada penambahan dari sehari sebelumnya.

"Data terbaru perhari ini ada 47 pasien dirawat. Paling parah yang meninggal 2 orang. Ada juga yang sampai saat ini masih tak sadarkan diri dan merancau," ujarnya, Jumat (12/7/2024).

Menurutnya untuk indikasi dari hasil pemeriksaan, para pasien ini diduga mengonsumsi tiga macam, yakni obat-obatan, minuman dan buah kecubung. Namun pemeriksaan tahap awal ini masih perlu pendalaman dan telah diserahkan kepada aparat berwenang.

"Kami sudah sampaikan ke polisi untuk pendalaman ini. Ini pertama kali di Kalsel kejadian ini dengan jumlah korban luar biasa banyaknya," kata Budi.

Sebelumya, Plt Dirut RSJ Sambang Lihum Yuddy Riswandhy mengatakan, efek dari konsumsi kecubung termasuk halusinasi berlebihan, terutama jika dosisnya tidak terkontrol.

"Penanganan terhadap pasien kecanduan kecubung bervariasi, tergantung tingkat keparahannya. Untuk mental penyembuhan butuh waktu 2 minggu," katanya.

Topik Menarik