Jadi Sorotan Publik, KY Terjunkan Tim Pantau Sidang Pegi Setiawan

Jadi Sorotan Publik, KY Terjunkan Tim Pantau Sidang Pegi Setiawan

Berita Utama | okezone | Jum'at, 5 Juli 2024 - 03:45
share
 

JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) menerjunkan tim untuk memantau jalannya sidang praperadilan tersangka kasus pembunuhan Vina dan Eky. Tim pemantauan diturunkan lantaran kasus Pegi Setiawan menjadi sorotan publik.

"Komisi Yudisial telah menerjunkan tim untuk memantau jalannya sidang perdana kasus gugatan praperadilan penetapan Pegi Setiawan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky. KY memandang perlu turun karena ini menarik perhatian publik," kata Juru Bicara Komisi Yudisial, Mukti Fajar Nur Dewata, Kamis (4/7/2024).

Upaya ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan atau antisipasi terhadap adanya dugaan pelanggaran etik majelis hakim yang menyidangkan kasus itu. "Harapannya, putusan yang dihasilkan hakim merupakan buah kemandiriaan dari majelis hakim," katanya.

Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial Joko Sasmito menyebut, upaya pemantauan ini juga akan dilakukan apabila kasus Pegi setiawan masuk dalam pokok perkara. Hal ini dilakukan agar pelanggaran kode etik hakim tidak terjadi pada putusan ini.

"Nah apabila pokok laporan itu lanjut tetap akan dilakukan pemantauan oleh Komisi Yudisial. Karena ini terkait perkara yang mendapat perhatian dengan publik," jelas Joko.

Topik Menarik