Uang Kertas Bergambar Raja Charles III Mulai Beredar di Inggris Hari Ini

Uang Kertas Bergambar Raja Charles III Mulai Beredar di Inggris Hari Ini

Berita Utama | inews | Rabu, 5 Juni 2024 - 08:23
share

LONDON, iNews.id - Uang kertas yang menampilkan gambar Raja Charles III mulai beredar di Inggris pada Rabu (5/6/2024). Peredaran perdana uang kertas baru itu berlangsung hampir dua tahun setelah dia menggantikan mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II, sebagai kepala negara.

Reuters melansir, potret Raja Charles akan muncul di uang kertas baru untuk pecahan lima, 10, 20, dan 50 pound sterling yang diterbitkan oleh Bank of England (BoE) selaku bank sentral Inggris. Sementara uang kertas yang menampilkan Ratu Elizabeth akan tetap beredar.

"Pendekatan ini sejalan dengan panduan dari Rumah Tangga Kerajaan, untuk meminimalkan dampak lingkungan dan finansial dari perubahan ini," kata BoE dalam pernyataannya.

"Ini berarti masyarakat akan mulai melihat uang kertas Raja Charles III secara bertahap," ungkap bank sentral itu lagi.

Ratu Elizabeth adalah pemimpin monarki pertama yang ditampilkan pada uang kertas Inggris. Sementar koin atau uang logam di Inggris yang memiliki gambar raja dan ratu mereka sudah ada sejak lebih dari 1.000 tahun silam.

Desain uang kertas baru bergambar Charles pertama kali terungkap pada Desember 2022, tak lama setelah koin bergambar sang raja mulai beredar. Selain menampilkan Charles, desain uang kertas Inggris yang baru itu secara umum tidak berubah dibandingkan dengan pendahulunya.

Penggunaan uang tunai telah menurun tajam di Inggris dalam beberapa tahun terakhir karena konsumen lebih menggandrungi kartu debit dan metode pembayaran elektronik lainnya. Menurut Konsorsium Ritel Inggris, uang tunai menyumbang lebih dari separuh transaksi di toko-toko pada 2014, namun turun menjadi 15 persen pada 2021--yang sebagian disebabkan oleh pembatasan Covid--sebelum meningkat lagi menjadi 19 persen pada 2022.

"Kami berkomitmen untuk menyediakan uang kertas selama masyarakat memintanya. Mengedarkan uang kertas baru ini merupakan wujud komitmen tersebut," kata Gubernur BoE, Andrew Bailey, hari ini.

Pemerintah Inggris mengeluarkan undang-undang tahun lalu yang mewajibkan bank memastikan akses terhadap uang tunai.

Topik Menarik